Umpan Ikan Baramundi Paling Ampuh, Bocoran Dari Nelayan!

Umpan Ikan Baramundi Paling Ampuh, Bocoran Dari Nelayan!

Resep Umpan Ikan Baramundi - Jika kalian jalan-jalan ke pantai biasanya kalian akan disajikan oleh para penjual ikan ikan segar dan dibakar di tempat. Para penjual ikan tersebut beberapa mendapatkannya dengan memancing sendiri di laut. Berbagai macam ikan yang di sajikan salah satunya ikan baramundi atau ikan kakap putih.

Sekilas Tentang Ikan Baramundi  

Barramundi, juga dikenal dengan nama kakap putih atau Pla kapong di Thailand, adalah sejenis ikan yang tergolong dalam keluarga Latidae, dalam ordo Perciformes. Habitatnya meliputi kawasan luas di wilayah Hindia-Pasifik Barat, yang membentang dari Asia Tenggara hingga Papua New Guinea dan utara Australia, tempat ikan ini umum ditemui dan dihargai.

Ikan kakap tak hanya ditemukan di laut saja tetapi di muara sungai juga. Ikan baramundi atau ikan kakap putih tersebar luas di wilayah Hindia-Pasifik Barat yaitu mulai Asia Tenggara sampai ke Papua Nugini dan juga Australia Utara. Habitatnya disekitar karang, tandes dan rumpon. Salah satu ciri-ciri Ikan baramundi atau ikan Kakap Putih yakni memiliki badan memanjang, mulut besar dan rahang panjang hingga ke belakang mata dan bagian insang memiliki duri kecil penutup bergerigi di atas pangkal gurat sisi.

Baca Juga: 5 Racikan Umpan Ikan Mas Jitu Super Ampuh

Umpan Jitu Ikan Baramundi 

Para nelayan untuk memancing ikan baramundi atau ikan kakap putih memang sangat bervariasi ada yang menggunakan umpan cumi, ikan kecil dan lain lain. Salah satu yang paling sering digunakan adalah udang kecil.Tak jarang juga para pemancing ikan baramundi atau ikan kakap putih mempunyai umpan tersendiri. Ada dua jenis umpan ikan kakap putih atau ikan baramundi yang dapat digunakan oleh para pemancing yaitu umpan alami dan umpan buatan.

Umpan alami

Umpan alami yang biasanya digunakan ada ikan kecil, udang kecil dan cumi cumi kecil. Di dalam perairan rantai makanan unik yaitu memakan atau dimakan adalah hal biasa. Sehingga ikan baramundi atau ikan kakap putih sangat suka memangsa hewan kecil. Maka dari itu umpan yang paling ampuh untuk memancing ikan baramundi atau ikan kakap putih menggunakan hewan berukuran kecil seperti ikan kecil wader, udang kecil dan cumi cumi kecil. 

Untuk ikan wader atau ikan belanak harus berukuran 5-10 cm. Teknik pemasangan ikan wader atau ikan belanak yaitu dengan mengaitkan umpan pada mata pancing pada bagian punggung atau siripnya. Selain itu bisa memasangnya di daerah mulutasal jangan sampai kena matanya. 

Hal ini bertujuan agar umpan bisa hidup lebih lama. Setelah ikan wader tersebut di masukan ke air maka akan berenang renang dan menarik perhatian ikan baramundi atau ikan kakap putih untuk segera memangsanya.

Untuk umpan selanjutnya bisa menggunakan udang kecil. Biasanya umpan udang kecil ini digunakan apabila memancing ikan baramundi atau ikan kakap putih pada malam hari . Menurut para Nelayan memancing udang kecil itu pilihan terbaik apabila digunakan pada malam hari. 

Udang yang digunakan harus segar dan kalian bisa membelinya di pengepul ikan. Adapun dua teknik dalam pemasangan udang kecil sebagai umpan ikan baramundi atau ikan kakap putih yaitu pertama, kaitkan mulai ekor hingga tembus ke bagian perut dan yang kedua kaitkan dari mulut lalu buang bagian ekornya.

Umpan ikan Kakap putih atau ikan baramundi juga bisa menggunakan cumi cumi kecil atau Baby cumi. Untuk umpan cumi-cumi kecil ini bisa digunakan cumi-cumi yang mati maupun cumi-cumi segar untuk ukurannya sekitar 5 sampai 10 cm. Berhubung struktur tubuh cumi-cumi kecil yang agak rumit, licin dan lembek maka untuk teknik memasangkannya harus hati-hati dengan cara tusuk mata pancing dari bagian ekor yang berlubang hingga kandas ke ujung mata kail.

Baca Juga: 6 Resep Rahasia Umpan Ikan Mujair 

Umpan buatan

Umpan ikan baramundi buatan yaitu menggunakan cara casting, lure dan mainan ikan baramundi. Untuk umpan casting baramundi biasanya digunakan di sungai. Di daerah sungai yang satu dengan yang lain mempunyai perbedaan kedalaman di mana harus bisa menyesuaikan jenis umpan apa dan bermain di kedalaman berapa umpan itu. 

Apabila kita casting di sebuah pohon tumbang. Maka bisa menggunakan umpan seperti popor atau wtd jenis pensil lebih bagus). Umpan yang digunakan di dalam air harus terlihat di permukaan air dikarenakan kan biasanya ada beberapa pohon yang memiliki banyak ranting sehingga tidak terlihat di permukaan air sehingga akan membuat umpan tersebut bersangkutan di ranting sehingga ikan tersebut akan tidak tertarik dengan umpan tersebut.

Selanjutnya apabila memancing di tempat yang terdapat terumbu karang atau biasanya di laut itu dianjurkan untuk menggunakan minnow dan soft lure. Para pemancing merekomendasikan untuk menggunakan software yang memiliki pemberat. 

Umpan jenis ini paling bagus untuk digunakan di laut karena permukaan batu yang tidak rata itu biasanya ikan akan bersembunyi di sela-sela Batu atau di dalam lubang. Keuntungannya menggunakan soft lure yaitu umpan dapat menyesuaikan keadaan sport. 

Apabila umpan tersebut jatuh di tempat yang dalam renang akan terasa sedikit kendor dan sebaiknya membiarkan umpan turun sampai ke dasar.Apabila sudah sampai dasar maka segera goyang kan umpan secara lembut agar terlihat umpan tersebut hidup. sehingga ikan baramundi atau ikan kakap putih akan segera memangsa umpan soft lure itu.

Umpan yang terakhir yaitu menggunakan umpan mainan ikan baramundi atau ikan kakap putih. Ikan mainan tersebut bisa berupa mainan ikan kecil yang diperjualbelikan di Toko Ikan ataupun di marketplace.

Teknik Mancing Ikan Baramundi  

Selain umpan memancing ikan baramundi atau ikan kakap putih maka di perlukan teknik juga dalam mencing. Terknik tersebut diantaranya yaitu :

Teknik Gantung

Teknik gantung ini merupakan hal yang tepat dalam memancing ikan baramundi atau ikan kakap putih. Teknik ini wajib memegang joran lalu melemparkan kail dan selanjutnya tarik dan ulurkan senar pancing secara perlahan.

Teknik Ngocer

Teknik ngocer ini merupakan teknik populer yang mayoritas digunakan oleh pemancing. Caranya penggunaannya mudah yaitu umpan dilemparkan lalu joran ditancapkan sampai ikan kakap menyambar umpan tersebut.

Teknik Pelampung

Teknik pelampung ini salah satu hal yang biasanya digunakan dalam memancing ikan baramundi atau ikan kakap putih. Caranya dengan memegang joran lalu melemparkan kail dan selanjutnya tarik ulurkan senar pancing secara perlahan dengan benar. Selain memperhatikan umpan yang digunakan untuk memancing ikan kakap putih, anda juga membutuhkan teknik memancing ikan kakap putih yang jitu agar bisa mendapatkan ikan kakap putih yang diinginkan.

Penutup

Itulah artikel tentang umpan ikan Baramundi yang bisa kalian coba sob, Penulis jamin bakaln strike terus karena informasinya di dapat langsung dari para nelayan yang bsudah terbiasa memnacing ikan kakap putih ini. terakhir Penulis mengingatkan memancing memang mengasyikan tapi tetap juga harus berhati hati apalagi memancing di laut. Sekian semoga bermanfaat.
Admin
Admin Suka semua tentang ikan! makan ikan, piara ikan, mancing ikan, apalagi ya?

Posting Komentar untuk "Umpan Ikan Baramundi Paling Ampuh, Bocoran Dari Nelayan!"