7 Jenis Joran Pancing Lengkap Beserta Kelebihan Dan Kegunaannya

7 Jenis Joran Pancing Lengkap Beserta Kegunaannya

Memancing bukan hanya soal menarik ikan dari air, tapi juga tentang kesabaran, teknik, dan tentu saja, alat yang tepat. Salah satu alat paling penting dalam memancing adalah joran pancing. Tanpa joran Penulis yakin kamu bakalan kesusahan untuk mancing.

Kalau kamu baru saja terjun ke dunia memancing atau ingin memperdalam pengetahuanmu tentang mancing, artikel ini pas banget buat kamu. Karena disini Penulis akan membahas berbagai jenis joran pancing dan kegunaannya!

Jenis Jenis Joran Pancing

Terdapat beberapa jenis joran pancing dari mulai yang tradisional misalnya dari bambu atau dari lidi pun bisa untuk joran pancing. Hingga berkembangnya jaman semakin modern, barulah bermunculan joran joran keren dan punya peruntukannya masing masing. Langsung saja simak baik baik ya sob.

1. Joran Pancing Spinning

Joran spinning adalah jenis joran yang paling umum dan serbaguna. Joran ini cocok untuk berbagai jenis ikan dan situasi memancing. Karakteristik utama dari joran spinning adalah cincin pengarah yang terletak di bagian bawah joran, yang membantu menjaga jalur benang pancing tetap lurus dan mengurangi gesekan saat melempar umpan.

Kelebihan Joran Spinning

  • Mudah Digunakan: Cocok untuk pemula karena cara penggunaannya yang simpel.
  • Serbaguna: Bisa digunakan untuk memancing di air tawar maupun air asin.
  • Beragam Ukuran: Tersedia dalam berbagai ukuran, memungkinkan kamu memilih sesuai dengan kebutuhan.

Kapan Menggunakan Joran Spinning?

Joran spinning ideal untuk memancing di perairan yang tenang seperti danau atau sungai. Kamu juga bisa menggunakannya untuk memancing di laut, tapi pastikan memilih yang tahan korosi.

2. Joran Pancing Baitcasting

Joran baitcasting adalah pilihan para pemancing berpengalaman yang menginginkan kontrol lebih besar terhadap lemparan umpan dan penanganan ikan besar. Joran ini memiliki reel baitcasting yang terpasang di atas joran dan membutuhkan teknik khusus untuk digunakan dengan efektif.

Kelebihan Joran Baitcasting

  • Akurasi Tinggi: Memungkinkan lemparan yang lebih presisi.
  • Kuat dan Kokoh: Ideal untuk menangani ikan besar dan pertarungan yang kuat.
  • Kontrol Lebih Baik: Memberikan kontrol lebih baik atas umpan dan benang pancing.

Kapan Menggunakan Joran Baitcasting?

Gunakan joran baitcasting saat memancing di area yang membutuhkan presisi tinggi, seperti memancing di antara bebatuan atau vegetasi yang tebal. Joran ini juga sangat cocok untuk memancing ikan besar seperti bass atau pike.

3. Joran Pancing Telescopic

Joran telescopic adalah joran yang bisa dipendekkan dan diperpanjang seperti teleskop. Joran ini sangat praktis untuk dibawa bepergian karena bisa disimpan dalam ukuran yang sangat ringkas.

Kelebihan Joran Telescopic

  • Portabilitas Tinggi: Mudah dibawa ke mana-mana.
  • Simpel dan Praktis: Tidak memerlukan banyak ruang penyimpanan.
  • Cocok untuk Pemula dan Profesional: Bisa digunakan oleh siapa saja, dari pemula hingga pemancing berpengalaman.

Kapan Menggunakan Joran Telescopic?

Joran telescopic cocok digunakan saat kamu berencana untuk memancing di lokasi yang jauh atau sulit dijangkau. Joran ini juga pas untuk kamu yang suka travelling dan ingin memancing di berbagai tempat tanpa repot membawa peralatan besar.

4. Joran Pancing Fly

Joran fly khusus digunakan untuk teknik memancing fly fishing, di mana umpan yang digunakan adalah tiruan serangga yang sangat ringan. Joran ini memiliki panjang yang bervariasi dan sangat fleksibel.

Kelebihan Joran Fly

  • Teknik Unik: Menawarkan pengalaman memancing yang berbeda dengan teknik lemparan khas.
  • Cocok untuk Ikan Air Tawar: Terutama efektif untuk memancing ikan trout, salmon, dan ikan air tawar lainnya.
  • Lemparan yang Elegan: Membutuhkan keterampilan khusus yang menambah tantangan dan kesenangan dalam memancing.

Kapan Menggunakan Joran Fly?

Joran fly paling efektif digunakan di perairan dangkal dan sungai dengan arus yang tidak terlalu deras. Teknik ini sangat populer di kalangan pemancing yang menikmati tantangan dan keindahan alam saat memancing.

5. Joran Pancing Surf

Joran surf adalah joran panjang yang digunakan untuk memancing dari pantai. Joran ini dirancang untuk melempar umpan jauh ke dalam laut agar bisa mencapai area di mana ikan berkumpul.

Kelebihan Joran Surf

  • Lemparan Jauh: Dirancang untuk mencapai jarak lemparan yang jauh.
  • Tahan Terhadap Kondisi Laut: Materialnya biasanya tahan korosi dan kuat menghadapi gelombang.
  • Menangani Ikan Besar: Cocok untuk menangkap ikan besar yang berenang dekat pantai.

Kapan Menggunakan Joran Surf?

Joran surf sangat ideal digunakan saat kamu memancing di pantai atau tepi laut, terutama jika ingin menangkap ikan yang berada jauh dari bibir pantai.

6. Joran Pancing Tegek

Joran tegek, juga dikenal sebagai pole fishing rod, adalah joran yang tidak menggunakan reel. Joran ini biasanya sangat panjang dan fleksibel, serta populer digunakan di Asia. Cara penggunaannya cukup sederhana: umpan diikat langsung ke ujung joran.

Kelebihan Joran Tegek

  • Sederhana dan Efisien: Tanpa reel, memudahkan penggunaan dan perawatan.
  • Akurasi Tinggi: Sangat presisi untuk memancing di area sempit atau perairan dangkal.
  • Murah dan Ringan: Biasanya lebih terjangkau dan ringan dibandingkan joran dengan reel.

Kapan Menggunakan Joran Tegek?

Joran tegek cocok digunakan di kolam pemancingan, danau, atau sungai yang tenang. Joran ini sangat efektif untuk memancing ikan kecil hingga sedang di perairan dangkal atau dekat dengan tepian.

7. Joran Pancing Jigging

Joran jigging dirancang khusus untuk teknik jigging, di mana umpan bergerak naik-turun secara vertikal untuk menarik perhatian ikan. Joran ini biasanya pendek, kuat, dan memiliki kekuatan besar untuk menangani ikan besar di laut dalam.

Kelebihan Joran Jigging

  • Kuat dan Tangguh: Dibuat untuk menahan beban ikan besar dan tarikannya yang kuat.
  • Sensitivitas Tinggi: Memungkinkan kamu merasakan gerakan umpan dan gigitan ikan dengan lebih baik.
  • Desain Ergonomis: Dibuat untuk kenyamanan saat memancing dalam waktu lama.

Kapan Menggunakan Joran Jigging?

Joran jigging sangat cocok digunakan untuk memancing di laut dalam, terutama saat kamu ingin menangkap ikan predator besar seperti tuna, kakap, atau GT (Giant Trevally). Teknik jigging juga sering digunakan di perairan yang dalam dan memiliki arus kuat.

Kesimpulan

Itulah berbagai jenis joran pancing yang bisa kamu pertimbangkan.  Memilih joran pancing yang tepat sangat penting untuk kesuksesan dan kenyamanan memancingmu. Dari joran spinning yang serbaguna hingga joran jigging yang tangguh, setiap jenis joran memiliki keunggulan dan kegunaan masing-masing. Tentukan jenis joran yang paling sesuai dengan kebutuhanmu terutama kamu harus menyesuaikan dengan jenis teknik pancing yang akan kamu pakai. 

Selain itu pastikan juga kamu nggak salah pilih reel, karena setiap jenis joran di atas harus di pasangkan dengan reel yang sesuai juga kamu bisa baca jenis reel pancing.

Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu kamu memilih joran yang tepat. Selamat memancing!

Admin
Admin Suka semua tentang ikan! makan ikan, piara ikan, mancing ikan, apalagi ya?

Posting Komentar untuk "7 Jenis Joran Pancing Lengkap Beserta Kelebihan Dan Kegunaannya"