Mau Mancing? Kenali Dulu 5 Jenis Reel Pancing Berikut Ini

Mengenal jenis jenis reel pancing serta kegunaanya, kelebihan dan kekurangan

Memancing itu kegiatan yang asyik banget, kan? Nggak cuma buat menangkap ikan, tapi juga menikmati waktu di alam terbuka. Buat mendukung hobi yang seru ini, penting banget buat pilih peralatan yang tepat, terutama reel pancing. 

Nah, di artikel ini, penulis bakal bahas berbagai jenis reel pancing dan kegunaannya. Yuk, simak biar kamu bisa pilih reel yang paling pas buat kamu!

Macam Mcam Reel Pancing

Reel pancing itu nggak cuma sekadar alat, tapi bagian penting yang ngaruh banget ke kenyamanan dan keberhasilan kamu saat memancing. Ada banyak jenis reel di pasaran, jadi penting buat tahu kegunaan, kelebihan dan kekurangan masing-masing biar bisa disesuaikan sama teknik dan kondisi memancing kamu.

1. Spinning Reel

spinning reel

Spinning reel adalah jenis reel pancing yang paling umum dan gampang dipakai, terutama buat pemula. Reel ini dipasang di bagian bawah joran (rod) dan spool-nya berputar sejajar dengan batang joran waktu kamu lempar umpan.

Kegunaan Spinning Reel

Spinning reel itu serbaguna banget dan bisa dipakai buat berbagai teknik memancing, baik di air tawar maupun air asin. Cocok buat menangkap ikan kecil sampai menengah, kayak bass, trout, dan panfish.

Kelebihan Spinning Reel

  • Mudah dipakai: Cocok buat pemula karena mekanismenya simpel. Kalo kamu baru banget mau mencoba mancing pake reel, reel jenis ini wajib banget jadi pilihan kamu.

  • Serbaguna: Bisa dipakai buat berbagai jenis ikan dan kondisi air. Terbukti banget reel jenis ini sering kali di pake oleh para pemancing.

  • Harga lebih murah: Ini kamu pasti suka, reel jenis spinning umumnya di jual dengan harga murah di pasaran mulai dari 50 ribu pun ada loh.

Kekurangan Spinning Reel

  • Kurang Ideal Buat Ikan Besar: Nggak sekuat baitcasting reel buat menangkap ikan besar, apalagi kamu pake yang cukup murah.

  • Rentan Terhadap Angin: Tali bisa gampang tersangkut atau kusut kalau berangin.
  • Akurasi Lemparan Kurang: Reel spinning kurang bagus akurasinya ketika kamu lemparin karena kalah jauh sama reel bait casting

2. Baitcasting Reel

Baitcasting Reel

Baitcasting reel atau biasa di sebit BC biasanya dipasang di bagian atas joran dan spool-nya berputar sejalan dengan lemparan umpan. handle dapat di putar dari kiri atau kanan. Jenis reel ini butuh keterampilan lebih buat dipakai dengan efektif. 

Kegunaan Baitcasting Reel

Baitcasting reel biasanya dipakai pemancing berpengalaman buat menangkap ikan besar dan memancing di perairan yang lebih sulit. Cocok buat teknik memancing yang butuh akurasi tinggi kayak casting, flipping dan pitching.

Kelebihan Baitcasting Reel

  • Kekuatan dan Kontrol: Lebih kuat dan kasih kontrol yang lebih baik waktu melawan ikan besar. 

  • Akurasi Tinggi: Ideal buat teknik memancing yang butuh presisi. Seperti mancing dengan teknik casting yang emang harus melepmar tepat ke sarang ikan.

  • Drag System yang Lebih Baik: Bikin penyesuaian yang lebih halus dan kuat waktu melawan ikan.

Kekurangan Baitcasting Reel

  • Sulit Buat Pemula: Butuh keterampilan khusus buat ngindarin backlash (kekusutan tali).

  • Lebih Mahal: Harganya biasanya lebih tinggi dibandingkan spinning reel. Tapi secara kualitas emang biasanya lebih bagus.

  • Terasa berat: biasanya reel BC punya bobot yang cukup berat, kamu yang pemula bakalan mudah pegel.

3. Spincast Reel

Spincast Reel

Spincast reel merupakan gabungan fitur spinning dan baitcasting reel. Reel ini punya penutup di spool buat ngindarin kekusutan tali dan biasanya dilengkapi dengan tombol buat lempar umpan.

Kegunaan Spincast Reel

Spincast reel itu pilihan yang bagus buat pemula  karena gampang banget dipakai. Cocok buat memancing di air tawar dan menangkap ikan kecil sampai menengah. Reel jenis ini bisanya juga di pake buat ketapel ikan.

Kelebihan Spincast Reel

  • Gampang Dipakai: Ideal buat pemula atau anak-anak.

  • Desain Anti-Kusut: Penutup spool bantu ngindarin kekusutan tali.

  • Bisa Buat Ketapel ikan: Penulis liat di youtube banyak orang pake reel ini buat ketapel ikan dan hasilnya cukup bagus.

Kekurangan Spincast Reel

  • Nggak Se-Kuat Reel Lainnya: Kurang cocok buat menangkap ikan besar.

  • Keterbatasan Jangkauan Lemparan: Nggak seakurat atau sejauh spinning atau baitcasting reel.

4. Fly Reel

Fly Reel

Fly reel adalah jenis reel khusus yang dipakai dalam fly fishing. Reel ini didesain buat nyimpan fly line (tali terbang) dan backing, serta bantu ngontrol tali waktu melawan ikan. Reel ini di indonesia lebih dikenal dengan nama reel tokos bisanya di pasang di joran tegek.

Kegunaan Fly Reel

Fly reel dipakai dalam fly fishing, teknik memancing yang pakai umpan buatan ringan (fly). Cocok buat menangkap berbagai jenis ikan predator, di air sungai yang deras dan bersih seperti ikan hampala dan ikan mahseer.

Kelebihan Fly Reel

  • Desain Khusus: Dirancang khusus buat fly fishing, dengan sistem drag yang halus dan kapasitas tali yang besar.

  • Kontrol yang Baik: Kasih kontrol yang baik waktu melawan ikan. addu tarik dengan ikan lebih terasa karena reel ini fungsinya seperti gulungan senar tradisional.

Kekurangan Fly Reel

  • Terbatas Buat Fly Fishing: Nggak cocok buat teknik memancing lainnya, tapi bisa sih di pake buat teknik mancing tradisional seperti nutul ikan kecil.

  • Butuh Keterampilan Khusus: Fly fishing secara umum butuh keterampilan dan peralatan khusus.

5. Trolling Reel

Trolling Reel
Trolling reel adalah reel yang dirancang khusus buat teknik memancing trolling, yaitu teknik menarik umpan di belakang perahu yang bergerak. Reel ini punya kapasitas tali yang besar dan drag system yang kuat buat menangkap ikan-ikan besar.

Kegunaan Trolling Reel

Trolling reel biasanya dipakai buat memancing di laut dalam atau danau besar buat menangkap ikan besar seperti tuna, marlin, atau ikan pedang. Teknik ini sering dipakai buat memancing di perairan yang luas.

Kelebihan Trolling Reel

  • Kapasitas Tali Besar: Bisa nyimpan banyak tali, cocok buat perairan dalam dan ikan besar.

  • Drag System yang Kuat: Bikin penyesuaian yang halus dan kuat waktu melawan ikan besar.

  • Desain Tahan Lama: Dibuat dari bahan yang kuat dan tahan terhadap korosi air asin.

Kekurangan Trolling Reel

  • Berat dan Besar: Reel ini lebih berat dan besar dibanding reel lain, jadi nggak sepraktis buat penggunaan sehari-hari.

  • Harga Lebih Mahal: Biasanya lebih mahal karena kualitas dan kekuatannya.

Kesimpulan

Memilih reel pancing yang tepat penting banget buat menunjang kesuksesan dan kenyamanan kamu dalam memancing. Spinning reel adalah pilihan serbaguna yang cocok buat berbagai kondisi dan pemula. Baitcasting reel menawarkan kekuatan dan akurasi tinggi buat pemancing berpengalaman.

Spincast reel adalah opsi yang gampang dipakai dan terjangkau, ideal buat pemula dan anak-anak. Fly reel, meskipun khusus buat fly fishing, kasih performa optimal dalam teknik tersebut. Sedangkan trolling reel, cocok buat kamu yang suka memancing ikan besar di laut atau danau.

Tapi harus di ingat sob, semua jenis reel pancing diatas tentunya harus di sesuaikan juga atau di pasangkan dengan joran yang tepat ya sob, karena emang masing masing reel ada joran khususnya jangan sampe ketuker nanti bakalan nggak maksimal.

Itulah sob pembahasan tentang jenis jenis reel pancing yang bisa Penulis bagikan buat kamu semua, semoga informasi di atas nambah wawasan kamu tentang dunia mancing. Sekian semoga bermnafaat.

Admin
Admin Suka semua tentang ikan! makan ikan, piara ikan, mancing ikan, apalagi ya?

Posting Komentar untuk "Mau Mancing? Kenali Dulu 5 Jenis Reel Pancing Berikut Ini"