9 Umpan Mahseer Paling Bagus, Andalan Para pemancing!

9 Umpan Mahseer Paling Bagus, Andalan Para pemancing!

Umpan ikan Mahseer
- Jika kamu penggemar memancing, pasti sudah tidak asing lagi dengan ikan mahseer. Ikan ini sering dijuluki "Raja Sungai" karena kekuatannya dan tantangan saat strike ikan ini begitu mantap. Memancing ikan mahseer bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan keterampilan, kesabaran, dan yang paling penting, umpan yang tepat. 

Dalam artikel ini, Penulis akan membahas berbagai jenis umpan yang bisa kamu gunakan untuk menarik perhatian ikan mahseer, serta beberapa tips praktis untuk meningkatkan peluangmu mendapatkan ikan ini.

Mengenal Ikan Mahseer

Sebelum kita masuk ke pembahasan tentang umpan, mari kita kenali dulu ikan mahseer. Ikan ini adalah salah satu spesies ikan air tawar terbesar di Asia Selatan dan Tenggara. Di beberapa daerah ikan ini di kenal dengan berbagai nama msalnya Soro, semah, tombro, kancra, mangur dan lempon.

Baca Juga: 9 Umpan Ikan Nilem Paling Ampuh, Di Jamin Strike Terus!

Mereka terkenal dengan ukuran tubuhnya yang besar dan kekuatan tarikannya yang luar biasa. Mahseer biasanya hidup di sungai dengan arus yang deras dan lingkungan yang bersih. Habitat alami mereka termasuk perairan di India, Nepal, Bhutan, dan beberapa negara di Asia Tenggara.

Ikan mahseer memiliki tubuh yang panjang dan ramping, dengan sisik yang besar dan mengilap. Warna tubuh mereka bervariasi dari perak hingga emas, tergantung pada spesies dan lingkungan mereka. Mereka juga memiliki mulut yang besar, yang memungkinkan mereka untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan, mulai dari serangga hingga ikan kecil.

Umpan Ikan Mahseer

Memilih umpan yang tepat adalah kunci utama dalam memancing ikan mahseer. Karena ikan Mahseer termasuk omnivora atau pemakan segala jadi sebenarnya umpan ikan mahseer sangat beragam tergantung habitat aslinnya yang terkadang membedakan. Berikut ini beberapa jenis umpan yang bisa kamu coba:

1. Umpan Alami

Umpan alami bisa menjadi pilihan utama karena memang merupakan makanan alami mereka di habitatnya.

Cacing 

Cacing tanah merupakan umpan yang populer. Mereka mudah didapat dan sangat efektif untuk menarik perhatian ikan mahseer. Cacing, misalnya, adalah umpan yang sangat digemari karena gerakannya yang menarik.

Baca Juga: 11 Umpan Ikan Tawes Paling Jitu, Di Jamin Strike Babon!

Ikan Kecil

Ikan kecil seperti ikan guppy atau ikan wader  juga bisa digunakan sebagai umpan. Ikan mahseer, sebagai predator, tidak akan ragu untuk menyambar ikan kecil yang bergerak di depannya.

Buah Sawit

Buah sawit adalah salah satu umpan yang efektif untuk mahseer karena memiliki aroma yang kuat dan rasa manis yang disukai ikan ini. Kamu bisa menggunakan bagian daging buah sawit yang sudah matang. Potong-potong kecil dan kaitkan pada mata kail. Selain itu, buah sawit juga mudah didapat di daerah yang banyak perkebunan sawitnya.

Udang

Udang adalah umpan yang sangat disukai berbagai jenis ikan, termasuk mahseer. Aroma dan tekstur udang segar sangat menarik bagi ikan ini. Kamu bisa menggunakan udang segar yang masih hidup supaya udang masih bisa bergerak. Kaitkan mata kail pada ekor udang dengan rapi agar tidak mudah lepas saat di dalam air.

Ulat Batu

Ulat batu adalah sejenis serangga kecil yang biasa ditemukan di bawah batu atau kayu di dekat air. Ulat ini memiliki tekstur kenyal dan gerakan yang menarik perhatian ikan. Kaitkan ulat pada mata kail sehingga gerakannya tetap terlihat alami.

Ulat Daun Pisang

Ulat daun pisang, seperti namanya, ditemukan di daun pisang dan merupakan salah satu umpan alami yang efektif. Ikan mahseer menyukai ulat ini karena gerakannya yang menarik dan ukurannya yang pas untuk dimakan. Ambil beberapa ulat dari daun pisang, lalu kaitkan dengan hati-hati pada mata kail.

Laron

Laron adalah serangga yang muncul terutama setelah hujan. Serangga ini biasanya keluar dalam jumlah banyak dan menjadi incaran ikan karena gerakannya yang menarik di permukaan air. Gunakan laron yang masih hidup agar gerakannya lebih menarik perhatian mahseer. Kaitkan laron pada mata kail dengan rapi.

Menggunakan umpan-umpan alami seperti di atas bisa meningkatkan peluangmu untuk strrike ikan mahseer. Kelebihan umpan alami ini bisa kamu gunakan di segala kondisi air, bisa untuk air jernih dan bisa untuk air keruh karena umpan alami memiliki aroma yang kuat.

2. Umpan Tiruan

Ikan Mahseer termasuk omnivora sekaligus predator, maka ikan ini bisa kamu pancing dengan teknik casting. Nah biasanya teknik casting ini menggunakan umpan tiruan yang memang sengaja di buat semirip mungkin dengan umpan alami.

Lure 

Lure adalah umpan tiruan yang sangat efektif untuk memancing ikan mahseer. Mereka dirancang untuk meniru gerakan ikan kecil atau serangga di air. Pilih lure dengan warna cerah dan ukuran yang sesuai dengan targetmu.

3. Umpan Racikan

Penulis ingat betul umpan racikan yang pernah Penulsi pakai ketika mancing Mahseer dan cukup ampuh berikut bahan dan cara membuatnya:

Bahan

  1. Jagung
  2. Kuning Telur

Cara membuat racikan umpan mahseer

  1. Pertama kamu sisir jagung sampai terlepas dari bonggolnya
  2. Kemudian masukan ke blender atau perajang lainnya
  3. Tambahkan kuning telur secukupnya
  4. Langkah terakhir kukus adonan selama kurang lebih 10 menit.

Tips Memancing Ikan Mahseer

Selain memilih umpan yang tepat, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan peluangmu strike ikan mahseer:

1. Pahami Kebiasaan Ikan Mahseer

Ikan mahseer cenderung aktif pada pagi dan sore hari, ketika suhu air lebih sejuk. Mereka juga sering ditemukan di sekitar batu besar atau di bawah air terjun, di mana arusnya lebih kuat.

2. Peralatan yang Tepat

Gunakan joran dan reel yang kuat, karena ikan mahseer terkenal dengan kekuatannya. Joran dengan panjang 7-8 kaki dan reel berkapasitas besar sangat disarankan. Pastikan juga kamu menggunakan tali pancing yang kuat, minimal dengan kekuatan tarik 20-30 lb.

3. Teknik Memancing yang Benar

Teknik casting dan retrieving sangat penting dalam memancing ikan mahseer. Cobalah untuk melempar umpan ke area yang lebih dalam dan tarik secara perlahan dengan gerakan yang tidak beraturan. Ini akan menarik perhatian ikan mahseer yang sedang berburu mangsa.

4. Kesabaran dan Konsistensi

Memancing ikan mahseer membutuhkan kesabaran. Jangan cepat menyerah jika tidak mendapatkan hasil dalam beberapa jam pertama. Karena ikan ini memang termasuk ikan yang susah untuk di pancing, Penulis sendiri sering kali mancing ikan mahseer tanpa hasil. Teruslah mencoba dengan mengganti umpan atau lokasi.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa umpan ikan mahser paling jitu yang bisa kamu coba. Memancing ikan mahseer memang menantang dan sedikit susah, tetapi dengan umpan yang tepat dan teknik yang benar, kamu bisa meningkatkan peluangmu untuk strike sang Raja Sungai ini. 

Gunakan umpan alami seperti serangga dan cacing, atau coba umpan buatan seperti lure dan spinner. Jangan lupa untuk memahami kebiasaan ikan mahseer dan menggunakan peralatan yang sesuai. Semoga tips dan trik dalam artikel ini membantu kamu untuk mancing ikan mahseer.

Admin
Admin Suka semua tentang ikan! makan ikan, piara ikan, mancing ikan, apalagi ya?

Posting Komentar untuk "9 Umpan Mahseer Paling Bagus, Andalan Para pemancing!"