Umpan Ikan Giant Travelly Paling Ampuh, Jaminan strike!

Umpan Ikan Giant Travelly Paling Ampuh, Jaminan strike!

Umpan Ikan Giant Travelly
 - Apa kalian tau ikan cakal (giant travelly) atau biasanya bisa disebut ikan kuwe rambe? Ikan tersebut salah satu ikan yang bisa di bilang ganas, ekstrim, agresif dan ukurannya besar dan merupakan ikan yang biasanya di buru oleh nelayan. 

Ikan GT merupakan salah satu jenis ikan konsumsi dengan kandungan gizi yang luar biasa. Ikan ini tergolong dalam jenis ikan pelagis yaitu mereka terbiasa berenang di atas permukaan air. Selain itu ikan ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Ikan kuwe ini memang menjadi minat utama para pemancing, karena tarikannya yang luar biasa kuat. Selian itu daging ikan ini terkenal sangat enak dan memiliki kandungan protein yang tinggi.

Sekilas Tentang Ikan Giant Travelly

Dilansir dari wikipedia Kuwe gerong, juga dikenal sebagai bobara atau belitong (Charanx ignobilis), adalah ikan tangkapan yang sering ditemui di kawasan tropis Indo-Pasifik. Dalam bahasa Inggris, ikan ini disebut sebagai giant trevally atau GT (dibaca "jiti"). Ciri khasnya adalah dahinya yang besar dengan tubuh berwarna keperakan yang memiliki semburat kuning. Ikan kuwe gerong ini populer baik sebagai ikan konsumsi maupun sebagai target dalam olahraga memancing.


Ikan ini berukuran besar, dengan panjang yang dapat mencapai 170 cm dan berat hingga 80 kg. Saat masih muda, ikan kuwe gerong lebih menyukai perairan dengan kadar garam yang rendah. Namun, setelah dewasa, ikan ini dapat ditemukan di berbagai zona laut, menyesuaikan diri dengan berbagai lingkungan perairan.

Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Perciformes
Subordo: Percoidei
Superfamili: Percoidea
Famili: Carangidae
Genus: Caranx
Spesies: C. ignobilis

Umpan Ikan Giant Travelly Paling Ampuh

Ikan cakal ( giant travelly) sering temui di laut pada bulan Maret sampai April, jadi harus menyiapkan umpan memancing giant travelly / ikan cakal yang terbaik. Ada 2 jenis umpan ikan kuwe / giant travelly/ cakal yaitu umpan alami dan umpan buatan ikan cakal ( giant travelly).

1. Umpan alami

Umpan alami yang hidup biasanya digunakan oleh nelayan tradisional dengan teknik manual / dasaran. Meskipun umpan alami tapi ini umpan jitu ikan luwe / giant travelly dan sudah terbukti ampuh menarik perhatian ikan Giant Travelly. 

Sehingga umpan ini menjadi andalan rekomendasi untuk beberapa pemancing yang menyukai jenis ikan ini. Cara pemakaian umpan alami ini diberi tambahan pemberat agar posisinya selalu di bawah permukaan air sehingga dapat menarik perhatian ikan Giant Travelly. 

Umpan alami yang digunakan yaitu ikan bandeng, ikan selar, ikan kembung ukuran sedang maupun kecil, ikan terbang, ikan cendero, ikan bentuong, ikan kacang-kacang, udang putih, cumi cumi, sotong, potongan daging, belut, dan ikan belanak kecil.

2. Umpan buatan

Ada beberapa pemancing yang menggunakan umpan buatan karena dirasa paling mudah dan praktis karena tidak memerlukan wadah maupun perlakuan khusus pada umpan yang akan digunakan. Umpan buatan ikan giant travelly meliputi Umpan Minow, umpan Konahead ( Umpan tiruan dari plastik menyerupai bentuk cumi), Umpan Plastic Jig ( Umpan buatan dari plastik lunak), Umpan Metal Jig, umpan Jenis popper, dan umpan buatan menyeruai ikan dari cd bekas. 

Umpan buatan yang banyak direkomendasikan para pemancing yaitu umpan metalig yang terbaik untuk memancing ikan Giant travelly. Umpan buatan bisa didapatkan di toko offline maupun online.
Selain umpan macing ikan kuwe rambe juga harus mengetahui teknik pancing yang digunakan. Umpan mancing ikan Kuwe rambe yang berukuran besar juga perlu adanya teknik casting dari pantai atau surf casting, rock casting, koncer dan drifting.

Tips Mancing Ikan Giant Travelly 

Perlu diperhatikan juga untuk memancing ikan Giant travelly di laut. Berikut tips dan teknik dalam memancing ikan giant travelly yaitu :

1. Waktu terbaik memancing ikan giant travelly

Ikan giant trevally merupakan ikan laut yang suka menyambar mangsa diatas permukaan. Maka teknik mancing yang biasa digunakan untuk mendapatkan ikan ganas ini adalah teknik mancing umpan atas dan teknik mancing popping. 

Waktu terbaik yang biasanya mudah untuk mendapatkan Ikan Giant Travelly yaitu pada bulan Maret hingga bulan April. Meski demikian, apabila ingin memacing di bulan bulan lain bisa saja namun hasilnya kurang optimal dalam mendapatkan ikan giant travelly.

Baca Juga: 8 Umpan Ikan Sidat yang Paling Ampuh

2. Umpan terbaik dalam memancing ikan giant travelly

Perlu untuk mempersiapkan umpan yang di sukai ikan giant travelly. Ada beberapa umpan yang bisa digunakan baik umpan alami maupun umpan buatan. Maka pilihlah umpan yang bisa mengambang di permukaan jika ingin peroleh hasil maksimal.

3. Cara menjebak ikan giant travelly

Ada cara unik untuk jebakan ikan giant travelly yaitu menggunakan kepingan kaset CD yang lama dan rusak. Buat bentuk menyerupai ikan dan ini jitu dalam memancing ikan giant travelly. Caranya yaitu dengan gunakan kepingan kaset lama/CD, buat hingga kaset CD itu mirip ikan . Lalu kemudian diberi lupang diatas dan bawah CD dan tinggal pasang mata pancing di dua lubang tadi. 

Serta tambahkan kili kili diantara lubang tersebut. Kemudian saat dimasukan ke dalam air laut maka kepingan kaset CD akan memantulkan cahaya kilauan sehingga ikan cakal atau ikan giant travelly akan cepat melihat kilauan cahaya tersebut. Ikan giant travel menyangka itu mangsanya dan segera menyambar dengan cepat umpan kepingan kaset CD.

Penutup

Nah sob, Itulah ulasan tentang umpan ikan Giant travelly terbaik yang bisa kalian coba. Pastikan juga piranti pancing kalian sesuai untuk memancing ikan ini, karena ikan ini terkenal dengan tarikannya yang kuat. Jangan sampai nanti pancingan kalian tidak kuat melawan tarikan ikan ini. Sekian semoga bermanfaat.
Admin
Admin Suka semua tentang ikan! makan ikan, piara ikan, mancing ikan, apalagi ya?

Posting Komentar untuk "Umpan Ikan Giant Travelly Paling Ampuh, Jaminan strike!"