6 Umpan Ikan Betok Paling Ampuh, Di jamin Panen Strike!

6 Umpan Ikan Betok Paling Ampuh, Di jamin Panen Strike!

Halo sob, jumpa lagi bareng Penulis. Memancing memang sangat mengasyikan dan tentunya bisa jadi sarana healing, selain asyiknya strike ikan. Kita juga bisa menikmati indahnya suasana alam, terutama di sungai. Biasanya ketika berada di sungai hati kita bisa tenang mendengar dan melihat air mengalir.

Pada kesempatan kali ini Penulis akan berbagi untuk kalian semua tentang umpan ikan betok paling jitu, Penulis pastikan kalian bakalan mudah strike jika menggunakan umpan yang akan Penulis bagikan berikut ini. Jadi baca terus ya artikel Penulis kali ini sampai selesai.

Sekilas Tentang Ikan Betok

Ikan betok atau dikenal juga dengan ikan betik, ikan papuyu adalah ikan berukuran 20cm yang dapat ditemukan hingga kedalaman 5 meter. Ikan ini umumnya mudah ditemui di air tawar seperti sungai, sawah, danau, dan daerah rawa. Ikan betok sekilas terlihat mirip dengan ikan gabus di bagian kepalanya dan juga mirip ikan nila di bagian badannya. 

Baca Juga: 8 Umpan Ikan Sidat yang Paling Ampuh

Ikan betok juga tergolong ikan yang cukup unik. Ikan ini memiliki daya tahan yang tinggi dan mampu hidup tanpa air selama sekitar 1 jam. Hal ini dikarenakan ikan ini ternyata memiliki organ labirin dalam kepalanya yang berfungsi untuk mendapatkan oksigen secara langsung dari udara. 

Ada banyak khasiat yang terdapat pada ikan ini, diantaranya mengatasi masalah pengeroposan pada tulang, membantu mempercepat penyembuhan luka, membantu membentuk otot tubuh, meningkatkan daya ingat dan menambah selera makan.

Umpan Ikan Betok Paling Ampuh

Setelah tahu berbagai manfaat ikan betok diatas, apakah kamu tertarik untuk coba memancingnya ? simak umpan ikan betik dibawah ini :

1. Umpan racikan

Untuk memancing ikan betok yang memiliki nama lain ikan puyu ini, kamu bisa mencoba meracik sendiri umpan yang akan kamu pakai. Umpan ikan puyu racikan ini bisa kamu dapatkan dengan bahan bahan mudah yaitu tepung ikan, pelet babi, pelet pf 100, kuning telur, roti tawar, dan daun pandan. Kamu hanya perlu mencampur rata tepung ikan, pelet, dan kuning telur dalam satu wadah. 
Setelah itu, tambahkan remahan roti tawar dan kembali aduk sampai rata. Terakhir, masukkan umpan racikan kedalam plastik dengan pandan dan kukuslah hingga matang. Umpan racikan ini juga efektif digunakan untuk umpan ikan betok babon yang berukuran lebih besar dari biasanya.

2. Umpan Alami Ikan Betok

Buat kamu yang gak mau ribet dengan bikin umpan racikan sendiri, berikut beberapa umpan alami ikan betok dan pastinya cukup mudah untuk di dapatkan.

Cacing

Umpan ikan betok terbaik adalah cacing. Meskipun dikenal sebagai omnivora yang memakan segala jenis makanan, cacing bisa dibilang tetap menjadi umpan ikan betok paling galak dan umpan ikan betok paling ganas. Meskipun air tempat kamu memancing cukup keruh, kamu bisa memanfaatkan cacing sebagai umpan ikan betok di air keruh yang cukup mudah untuk dibuat.

Cacing bisa menjadi umpan terbaik saat memancing untuk umpan ikan betok susah makan. Kamu bisa memilih cacing sebagai umpan mancing ikan betok sebagai seorang pemula. Jangan lupa pilih waktu dan tempat mancing yang sesuai dengan kehidupan alami ikan betok. Ikan betok biasanya aktif mencari makan pada pagi dan sore hari. Pada malam hari, ikan betok akan memilih untuk beristirahat dalam lubang.

Laron  

Di kalangan pemancing laron memang sudah sering di pakai untuk mancing ikan, biasanya umpan laron ini favorit ikan putihan. Namun ternyata umpan laron ini bisa juga di gunakan untuk mancig ikan betok. 

Bau amis dan warna putih yang mencolok ketika di air menjadikan umpan laron ini cukup gacor untuk mancing ikan betok. Selain itu laron sekarang cukup mudah di dapat, biasanya toko pancing suka menjualnya dengan harga cukup murah.

Ulat Daun Pisang

Umpan selanjutnya kamu bisa pakai ulat yang terdapat di daun pisang, biasanya ulat ini berada di lipatan daun pisang dan berwarna putih. Umpan ini jelas sangat mudah kamu temukan, cukup cari pohon pisang dan cari daun pisang yang melingkar. 

Ulat Bambu

Selain ulat daun pisang, ulat bambu juga bisa kamu gunakan untuk memancing ikan betok. Namun cara mendapatkan umpan ini cukup susah, kamu harus mencari pohon bambu dan memotongnya. Karena bisanya ulat ini memang berada di bagian dalam bambu. 

Jangrik

Jangkrik juga bisa di gunakan untuk umpan mancing ikan betok, tapi sebaiknya gunakan jangkrik dengan ukuran kecil ya sob. Karena target mancing kita adalah ikan betok yang memang ukurannya tidak terlalu besar. Jangkrik bisa kamu dapatkan di toko burung dengan harga cukup murah.

Kesimpulan

Itulah resep umpan ikan betok paling jitu yang dijamin langsung bikin klepek – klepek ikan kamu yang incar. Manfaatkan saat saat dimana ikan betok aktif keluar dari lubang dan saat mereka beristirahat pada malam hari untuk hasil memancing yang cukup memuaskan. Selamat memancing !
Admin
Admin Suka semua tentang ikan! makan ikan, piara ikan, mancing ikan, apalagi ya?

Posting Komentar untuk "6 Umpan Ikan Betok Paling Ampuh, Di jamin Panen Strike!"