Cara Membuat Jump Frog Killer dari Kayu

Cara Membuat Jump Frog Killer dari Kayu


Jump frog killer dari kayu - Jika anda caster ikan gabus atau ikan toman, mungkin sudah tidak asing lagi dengan umpan jumpa frog. Seperti namanya, jumpa frog merupakan umpan tiruan atau Lure yang dibuat menyerupai katak dan di desain dengan Action seperti katak yang sedang melompat diatas air. Ikan toman mana yang tidak tergoda melihat katak melompat lompat diatas air enyeberangi rawa atau danau?
 

Asal usul jump Frog


Katanya jump frog dikenalkan oleh para caster dari negeri tetangga, yakni negara Thailand. Maka dari itu jangan heran jika banyak beredar di pasaran jumpa frog buatan Thailand. Namun sekarang jumpa frog sudah menyebar luas, termasuk di Indonesia. Sudah banyak para caster lokal membuat jumpa frog sendiri di rumah, bahkan juga sudah banyak para pemancing yang memproduksi jumpa frog bukan hanya untuk dirinya sendiri, namun juga untuk dijual.
 
Anda juga bisa membuat jumpa frog sendiri di rumah lho. Bagaimana cara membuat jumpa frog. Berikut ini panduanya.


Berikut adalah tutorial membuat jump frog dari kayu:


Bahan Untuk Membuat Jump frog

1.Kayu

kayu yang digunakan sebenarnya terserah anda. Kayu dengan tekstur empuk memiliki kelebihan mudah di bentuk. Dan kalau hanya untuk casting ikan gabus berukuran sedang kayu yang empuk masih cukup kuat. Namun jika target mancing anda ikan gabus berukuran besar atau ikan toman disarankan menggunakan kayu dengan teks tur keras seperti kayu jati dan kayu mahoni. Selain keras kayu mahoni juga memiliki massa jenis yang berat, jadi cocok bagi anda yang ingin membuat lure dengan lemparan yang jauh.

2.Kawat

kawat yang digunakan adalahkawat stainlees. Kawat stainlees tahan karat dan kuat.

3.Pemberat 

gunakan pemberat dengan ukuran yang disesuaikan dengan besar jumpfrog.

3.Double Hook

kenapa menggunakan double Hook atau mata kail ganda? Jika menggunakan single hook akan angan susah sekali menancap pada mulut ikan, mengingat nantinya ikan akan menyambar. Sedangkan jika treeble hook jumpa frog akan mudah tersangkut pada tanaman air yang ada di rawa atau danau.
Penggunaan double Hook untuk jumpa frog selain agar lebih mudah menancap di mulut ikan


4.Skirt

Skirt berfungsi sebagai ekor dan sekaligus sebagai penarik perhatian ikan.

Cara Membuat Jump Frog




Cara Membuat Jump Frog Killer dari Kayu







Pertama kita harus membuat sketsa dan menentukan ukuran jumpa frog yang akan kita buat. Ukuran dan bentuknya bebas, terserah anda. Sebagai patokan liat pada gambar diatas. Ukuran jumpa frog pada umumnya memiliki panjang antara 3,5 cm hingga 6 cm

Setelah itu silahkan bentuk kayu tersebut sesuai desain yang anda buat. Ingat harus benar  benar simetris jadi harus hati hati. Jika tidak simetris bukan hanya tidak dapat melompat, namun jumpa frog nanti juga malah hanya akan mengguling guling tidak karuan.

Buat garis lurus pada tengah tengah jumpa frog, lalu gergaji menggunakan gergaji besi sebagi tempat kawat. Jika menggunakan gergaji kayu lubang yang di hasilkan akan terlalu besar. serbuk kayu jangan dibuang ya.

Setelah di pasang kawat, gergaji kayu di campur dengan lem kayu untuk menutup lubang tersebut. Anda juga dapat menggunakan lem epoxy.

Setelah itu pasang pemberat di bagian bawah jumpa frog. Anda juga dapat memasangnya di bawah Hook. Yang penting nanti posisi jumpa frog di air sama dengan pada gambar.

Kalau sudah selesai sebaiknya di Test terlebih dahulu. Pasangkan skirt dan double Hook lalu di Test di actionya. Apakah actionya sudah seperti yang anda inginkan yakni seperti katak yang meloncat? Kalau belum bisa anda teliti lagi badan jumpa frog apa sudah simetris atau belum. 

Anda juga dapat mengotak atik pemberat dengan menambah, mengurangi atau menggesernya sampai actionya sudah seperti kodok yang melompat lompat di atas air.



Penutup,

Itulah cara membuat jump frog sendiri ,semoga informasi ini menambah wawasan Anda.




Next Post
No Comment
Add Comment
comment url