iKan Areng Areng, Ikan Hitam yang Langka

Pernahkah anda mendengar nama ikan Areng areng? atau mungkin anda pernah mendapatkanya sewaktu mancing di Sungai?

Ikan Areng areng merupakan ikan yang memiliki tubuh hitam yang cantik dan nampaknya sudah sangat langka dan sulit ditemukan.
 kail.bayu
Ikan areng areng memiliki nama latin Labeo chrysophekadion dan dikenal dengan nama yang berbeda beda di setiap daerah, diantaranya dikenal dengan nama ikan hitam dan ikan black shark-minnow.

Disebut dengan nama ikan areng areng mungkin karena warnanya yang hitam disekujur tubuhnya.

Karena warna hitam ikan areng areng yang membuatnya cantik dan indah, ikan areng areng biasanya dijadikan ikan hias.

Meskipun langka, sebenarnya ikan Areng areng dapat hidup selama dua puluh tahun dengan panjang mencapai sembilan puluh sentimeter. Besar bukan?


ikan native indonesia, ikan langka, ikan hampir punah
ikan Areng Areng- Sumber gmbr :Kaskus



Ikan areng areng merupakan ikan pemakan segala dan berhabitat di air mengalir. Ikan areng areng biasanya makan lumut, cacing, jentik nyamuk, udang kecil, alga dan lain lain.
 kail.bayu
Nah, meskipun ikan Areng areng termasuk ikan omnivora, bukan carnivora, ikan yang juga dikenal dengan nama ikan hitam  cukup agresif rupanya. Ikan Areng areng sering terlihat melompat dengan indah untuk menggapai dan memakan tanaman yang ada di sungai.

Ikan areng areng dapat ditemukan di sungai Mekong dan Chao Phraya, Malay Peninsula, Kalimantan, Sumatera dan di Jawa ikan Areng areng dapat ditemukan di sungai Brantas dan Sungai Bengawan Solo.
 kail.bayu
Namun kini ikan Areng areng sudah sangat langka, maka dari itu mari kita jaga kelestarianya dengan menjaga lingkungan dan tidak menangkap ikan Areng areng. jika anda menangkapnya secara tidak sengaja atau saat memancing, sebaiknya di release aja ya,
Baca Juga

Jangan buang sampah dan limbah sembarangan, selain itu jangan menangkapp ikan dengan cara yang merusak habitat maupun meracuni ikan seerti penggunaan racun atau potas dan setrum.


Yuk mari kita jaga sungai dan alam kita, supaya anak cucu kita dapat menikmati indahnya berbagai macam flora dan fauna.

0 Response to "iKan Areng Areng, Ikan Hitam yang Langka"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *