Cara membuat umpan Tiruan dari Sendok (Spoon)


Setidaknya ada dua jenis umpan yang bisa kita buat dengan menggunakan sendok makan, yakni Micro jig atau metal jig berukuran kecil dan spoon. Kedua umpan tersebut memiliki Action yang berbeda.
Cara membuat umpan Tiruan dari Sendok (Spoon)
ikan menyambar spoon

Metal jig yang terbuat dari sendok cenderung ringan cocok untuk mancing di laut yang dangkal atau pinggiran karang. ikan seperti kerapu dan kakap menyukai umpan metal jib dari sendok.

Sedangkan spoon sangat cocok untuk berburu ikan di arus yang deras dan berburu ikan predator perenang cepat, ikan hampala dan ikan Kwe misalnya. Spoon yang terbuat dari gagang sendok sangat killer untuk ikan dengan ukuran di bawah satu kilogram, sedangkan spoon yang terbuat dari bagian bawah sendok sangat cocok untuk ikan berukuran besar dengan bobot di atas satu kilogram.

Action lure yang berputar di air yang di buat dari sendok yang terbuat dari stainlis Steel akan memantulkan sinar matahari. Gemerlap dari spoon inilah yang nantinya akan membuat penasaran ikan predator.

Kali ini saya akan berbagi cara membuat umpan tiruan atau lure jenis spoon dari sendok.

Alat dan bahan yang di perlukan untuk membuat lure atau umpan tiruan dari sendok

Sebuah sendok yang terbuat dari stainless steel
Dua buah split ring untuk tiap lure
Swivel/ kili kili / anting
Tang
Gergaji besi
Mata kail , anda dapat menggunakan singlet maupun treeble Hook
Bor atau paku baja.

Cara membuat lure atau umpan tiruan dari sendok

Pertama tama potong sendok menjadi dua bagian yaitu bagian kepala sendok dan bagian gagang sendok.  Bagian kepala sendok sudah siap di jadikan umpan spoon berukuran besar, sedangkan bagian gagang sendok masih harus di potong lagi. Potong gagang sendok menjadi tiga atau empat bagian. Jadi bentuknya tidak terlalu panjang dan hampir persegi

Untuk umpan yang terbuat dari gagang sendok, sebaiknya sedikit di bengkokkan menggunakan tang. Jadi umpan spoon tersebut dapat berputar di air.

Selanjutnya lubungi kedua sisi tiap spoon yang di buat dari sendok. Jangan terlalu besar, yang terpenting asal dapat digunakan untuk memasang split ring.

baca juga

Setelah itu pasangkan split ring ke tiap sisi spoon yang sudah di lubangi tadi. Apa sih ke Gunawan split ring? Split ring di gunakan untuk mengaitkan spoon dengan mata kail dan swivel. Maka dari itu satelah split ring di pasang, pasangkan mata kail pada salah satu sisi spoon dan swivel di sisi lainya.

Setelah selesai, test action dari spoon yang terbuat dari sendok tersebut sebelum di gunakan. Jika action lure dapat berputar dengan lancar spoon tersebut sudah dapat digunakan. Akan tetapi jika actionnya belum seperti yang di inginkan, anda dapat membengkokan atau membentuknya menggunakan tang.


Langkah terakhir adalah finishing. Karena terbuat dari stainlees Steel tentu saja warna lure sudah menarik perhatian ikan dan anti karat. Tetapi anda juga dapat mengganti warnanya sesuai selera dengan cara mengecatnya. Atau anda bisa memberi stiker hologram agar ikan ikan predator lebih tergoda.

1 Response to "Cara membuat umpan Tiruan dari Sendok (Spoon)"

Fauzia Nurul Qolbi said...

Terimakasih Atas informasinya, dan jangan lupa kunjungi kami di http://tokoumpan.com

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *