Tips Memancing di Sungai Berarus Deras


Memancing di sungai berarus dera memang menjadi tantangan tersendiri bagi pemancing. Jika menggunakan umpan racikan biasanya akan mudah langsung atau rontok terkena terjangan arus sungai. selain itu, sangat sulit menempatkan umpan ke titik sungai yang kita inginkan, tentunya hal ini juga disebabkan oleh arus sungai.
Tips Memancing di Sungai Berarus Deras
Tips Memancing di Sungai Berarus Deras

Berikut ini merupakan tips dan cara mancing di sungai berarus deras.

Tips pertama adalah peralatan yang kita gunakan. Gunakan joran yang memiliki Action medium sampai Heavy. Tidak nyaman menggunakan joran dengan Action yang terlalu lentur. tentunya joran yang lentur akan mentul mentul terkena arus sungai.

Pilihlah diameter senar sekecil mungkin, sehingga tidak mudah terbawa arus sungai. Tentunya juga memperhatikan ikan target yang akan anda pancing. Jangan sampai memilih senar terlalu kecil yang dampaknya nanti akan mudah putus ketika mengatasi perlawana ikan.

Jika anda menggunakan pelampung atau teknik gambang lempar umpan ke arah berlawanan dengan arus. Dan biarkan berjalan mengikuti arus. jika terdapat batu besar, kayu dan sebagainya biasanya arus dibalik batu tersebut cukup tenang dan dijadikan bersembunyi berapa ikan dari arus. anda bisa melempar umpan anda di sana. Jika pinggir sungai sudah dalam, anda dapat melempar umpan di pinggiran saja.

Beberapa jenis ikan suka mencari makan di pinggir sungai, misalnya ikan mangar dan belut.

Sebenarnya saya lebih suka menggunakan teknik dasaran atau glosor ketika memancing di arus deras. Karena bisa melempar umpan ketitik yang kita inginkan dan tidak terbawa arus. cukup gunakan timah pemberat dengan berat sesuai dengan senar yang kita gunakan sehingga tidak terbawa arus.

Lebih dianjurkan menggunakan umpan alami seperti cacing, jangkrik dan sebaginya yang tidak mudah lepas terkena arus. Tetapi beberapa jenis ikan memang sulit di pancing menggunakan umpan jenis tersebut. Misalnya saja ikan belanak, anda masih dapat menggunakan umpan racikan dan ada beberapa tips agar tidak rontok terkena arus sungai yang deras.

Yang pertama adalah buatlah umpan dengan tekstur terlalu encer. Jika terlalu encer biasanya umpan akan mudah rontok dan cepat hilang di arus sungai yang deras.

Gunakan rangkaian ombyok untuk memancing menggunakan umpan racikan. Anda juga dapat menyisipkan beberapa benda seperti peniti, swivel,timah lipat dll sebagai tempat melekat dan penahan umpan racikan. Anda juga bisa menggunakan rangkaian ombyok bathok.


Sementara tips tersebut yang saya bagikan dan bisa anda coba. Cemoga berhasil dan dapat ikan besar besar dan banyak. Jika anda punya tips mancing di sungai berarus deras agar dapat ikan besar besar dan banyak, bisa anda tambahkan pada kolom komentar di bawah ini.  

1 Response to "Tips Memancing di Sungai Berarus Deras"

Toko Aquatic said...

terimakasih infonya

https://tokoaquatic.com

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *