Ikan Limbat Ikan yang Unik nan Cantik

Kali ini kailbayu akan membahas salah satu jenis ikan yang unik, yakni ikan limbat atau ikan lele lembat. Ikan ini dapat dijumpai di Indonesia lho.

Penasaran seperti apa itu ikan lembat? Yuk langsung saja kita bahas.

Ikan limbat atau ikan lele lembat merupakan salah satu jenis ikan lele yang dapat dijumpai di Indonesia. ikan lele lembat tersebar di Asia Tenggara, seperti di Malaysia, Filipina dan Indonesia.

Di indonesia, ikan lele lembat dapat diditemukan di  Riau, Sumatera, Kalimantan dan Jawa. Namun di pulau Jawa, ikan lele lembat sudah sangat langka dan masih mudah ditemui di pulau Kalimantan.


Ikan lele lembat merupakan ikan yang unik dan cantik. Walaupun memiliki beberapa jenis, ikan lele lembat memiliki bentuk tubuh yang unik yang berpadu dengan corak warna yang cantik sehingga sangat mudah dikenali.

Karena bentuknya yang unik dan terlihat aneh, tak jarang ada yang memposting foto ikan limbat ini ke grup mancing di facebook dengan keterangan ikan aneh atau tanya jenis ikan apakah ini. Karena memang sudah sangat jarang ditemui di pulau Jawa.

Ikan lele lembat merupakan ikan yang unik dan cantik. Walaupun memiliki beberapa jenis, ikan lele lembat memiliki bentuk tubuh yang unik yang berpadu dengan corak warna yang cantik sehingga sangat mudah dikenali.

Layaknya ikan lele, ikan lele lembat memiliki kumis dan bentuk kepala seperti ikan lele pada umumnya.

Namun keunikan terlihat pada tubuhnya. ikan lele lembat memiliki tubuh yang panjang layaknya ikan sidat. Jadi sekilas, seolah olah perpaduan antara ikan sidat dengan ikan lele.

Baca juga


Warna kepala ikan lele lembat mirip dengan lele lokal, yakni coklat tua kemerahan, begitupula dengan tubuhnya. namun, tubuh ikan lele lembat dihiasi dengan corak titik titik putih yang tertata dengan rapi.
 
kan Limbat, Ikan lele lembat, ikan asal kalimantan
ikan Lele lembat
Titik titik tersebut akan membentu garis vertikal yang berderet pada tubuh lele lembat dengan jumlah belasan, bahkan mencapai 20 deret.

Ikan lele Lembat termasuk dalam spesies lele clariid. Ada beberapa jenis lele lembat atau limbat ini, antara lain memiliki nama Clarias nieuhofi, Clarias batu Lim & Ng, Clarias anfractus Ng, Clarias leiacanthus , dan Clarias planiceps Ng.

Namun dari beberapa jenis ikan lele lembat di atas, ikan lele lembat dengan nama ilmiah Clarias nieuhofi lah yang secara umum dikenal sebagai ikan lele lembat atau limbat. Dalam situs wikipedia.com yang lainya dianggap sebagai spesies ikan lele yang mirip dengan ikan lele lembat.



referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Limbat diakses tanggal 23/07/2017

0 Response to "Ikan Limbat Ikan yang Unik nan Cantik"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *