Umpan Jitu Ikan Bader



Ikan bader merupakan ikan air tawar yang dapat kita jumpai di sungai sungai di pulau Jawa. Sekilas ikan bader mirip dengan ikan tawes, hanya saja ikan bader memiliki sirip berwarna merah.

Berbeda dengan ikan tawes yang dikenal sebagai ikan konsumsi dan banyak dijual di pasar, ikan bader lebih dikenal sebagai target mancing para pemancing di sungai. Tentunya tarikan ikan bader yang kuat menjadi salah satu alasan mengapa para angler ketagihan mancing ikan bader.

Pada kesempatan kali ini KailBayu akan berbagi macam macam umpan yang cocok dan ampuh untuk mancing ikan bader. Umpan apa sajakah yang ampuh untuk mancing ikan bader? Lamgsung saja, yuk kita simak artikel berikut ini.

Yuyu

apa itu yuyu? Yuyu merupakan sejenis kepiting yang hidup disungai atau area persawahan dengan kata lain kepiting air tawar. Sejak dulu yuyu menjadi umpan andalan para pemancing bader. Karena yuyu sudah terbukti ampuh untuk menggoda nafsu makan ikan bersirip merah tersebut.

Hampir semua jenis yuyu dapat dijadikan umpan, namun yuyu kepi dengan tekstur lunaklah yang dipercaya menjadi umpan yang paling jitu untuk mancing bader. Yuyu ini memiliki ciri utama yakni tekstur tubuh yang lunak.

Cara menggunakan yuyu sebagai umpan cukup mengambil dagingnya saja. Anda dapat menggunakan satu mata kail atau rangkaian ombyok.

Cacing

Hampir semua jenis cacing dapat digunakan untuk mancing ikan bader. Jadi anda tak perlu bingung dalam memilih cacing.

Ketika mancing ikan bader menggunakan cacing yang perlu diperhatikan adalah jangan memotong cacing saat dipasang dan gunakan cacing secara utuh. Pasang cacing memanjang dan sisakan sedikit keluar mata kail agar cacing dapat bergerak gerak ketika terkena arus sungai.

Cacing yang bergerak gerak akan menarik perhatian dari ikan bader yang lewat di depanya.

Jangkrik
 
jangkrik
jangkrik
Ikan bader di spot anda memancing terlihat di permukaan air? Jangkrik bisa menjadi salah satu umpan pilihan yang dapat anda coba.

Biasanya jangkrik akan mengambang di permukaan air. Hal ini akan memberikan sensasi tersendiri bagi pemancing dengan melihat ikan bader menyambar jangkrik di permukan. Blarrr......

Namun jika ikan bader tidak mau menyambar, anda dapat menggunakan sedikit timah pemberat agar umpan masuk kedalam permukaan air. Jangkrik salah satu umpan yang sangat disukai para pemancing yang menggunakan joran tegek.

Belalang

Jika anda mancing bader di dekat area persawahan, belalang menjadi umpan yang cocok untuk mancing ikan bader. Biasanya makanan alami ikan bader dihabitatnya adalah belalang.

Sama seperti jangkrik, belalang cocok untuk mancing ikan bader menggunakan teknik ngambang.
 baca juga:


Tempe

Tempe sangat cocok untuk mancing ikan bader. Macam macam resep dan racikan umpan dari tempe dapat anda temukan di blog ini.

Tempe dapat digunakan tanpa campuran, namun dengan menambah sedikit garam dan bawah putih pada tempe yang dilumat akan lebih killer.


Ngkaian yang cocok untuk mancing tawes dengan tmpe adalah rangkaian rampok atau ombyok bathok dan menggunakan eknik dasaran.

0 Response to "Umpan Jitu Ikan Bader"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *