Tips Mancing Bekukon (Ikan Kapuran)



Pernah mendapat ikan kapuran? Ya ikan ini selain dikenal dengan nama ikan kapuran, juga cukup populer di panggil dengan nama ikan bekukon. Ikan bekukon merupakan salah satu jenis ikan laut yang sering memasuki kawasan sungai di dekat muara. Mungkin, nama ikan ini berbeda di setiap daerah. Lalu apa nama ikan kapuran (bekukon) di daerah anda? Silahkan sebutkan pada di kolom komentar dibawah ya :D
 
tips mancing ikan kapuran ikan bekukon
Ikan Kapuran - Bekukon
Ikan kapuran memiliki warna putih keperakan, terkadang ikan ini juga berwarna kehitaman. Selain itu ikan kapuran juga memiliki sirip atas dengan duri duri tajam di punggungnya.

Ikan kapuran atau ikan bekukon merupakan jenis ikan nocturnal, yakni ikan kapuran lebih aktif mencari makan di malam hari dibanding siang hari. Maka dari itu, para pemancing ikan kapuran biasanya lebih menyukai memancing ikan ini di malam hari. Lalu apa bisa ikan kapuran di pancing diang hari? Tentu saja bisa, simak penjelasan berikutnya ya.

Berbeda dengan kebanyakan ikan bersisik di muara sungai yang menuntut kejernihan air agar mau memakan umpan. ikan kapuran malah lebih galak alias agresif ketika air sungai keruh. Benarkah? Salah satu mancing kapuran atau bekukon favorit saya adalah di pemecah ombak pantai Glagah Indah atau di muara congot.

Pada saat air sungai keruh, ikan ini kapuran aktif mencari makan baik di siang hari maupun malam hari. Namun bukan bukan berarti saat air jernih ikan kapuran tidak bisa di pancing lho ya, karena saya juga pernah mendapat ikan kapuran saat air sungai jernih.

Selain itu ikan kapuran juga dapat dipancing dari pantai, alias dengan teknik mancing pasiran atau surf fishing.

Mari kita bahas mengenai umpan mancing kapuran. Ikan kapuran atau bekukon dapat di pancing menggunakan cacing lure, undur undur atau yutuk  dan udang, baik udang kupas maupun udang hidup. Namun diantara jenis umpan tersebut, umpan favorit para pemancing adalah udang hidup. Selain karena udang hidup sangat ampuh untuk mancing kapuran atau bekukon, para pemancing juga berharap jika ada ikan kakap atau ikan mangrove jack nyasar mau menyambar umpan tersebut. Hehehe.
baca juga


Alat untuk mancing kapuran sebenarnya bebas, hehe. Seperti yang kita ketahui tidak ada standar mutlak dalam memancing. cukup gunakan senar monoline diatas 0.30 mm jika anda memancing di spot berbatu atau berkarang seperti di sungai, muara sungai atau pemecah ombak. Jika anda memancing di laut atau pasiran, senar dengan diameter 0.25 mm sudah cukup untuk mengangkat ikan kapuran atau bekukon.

Jangan lupa gunakan mata kail dengan nomor atau ukuran di atas lima ya. Agar hook atau mata kail lebih mudah menancap dengan sempurna dan tidak mudah lepas. Ada tambahan? Silahkan tambahkan pada komentar ya.


0 Response to "Tips Mancing Bekukon (Ikan Kapuran)"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *