teknik dan Umpan Mancing Ikan Mas di Alam Liar

Mendapatkan ikan mas atau ikan tombro di alam liar memberikan kebahagian tersendiri bagi pemancing. Mengapa? Pasalnya jumlah ikan mas di alam liar tidak sebanyak ikan betok maupun ikan nila. Selain itu mancing ikan mas di alam liar juga gampang gampang susah.

Mengapa? Sebenarnya umpan ikan mas di alam liar seperti di danau, rawa, parit maupun sungai lebih sederhana dari umpan mancing ikan mas di kolam. Namun ikan mas di alam liar biasanya terlihat berenang di depan pemancing seolah mengejeknya dan tidak mau makan umpan. iya kan? Baik ikan mas biasa atau ikan mas hitam yang juga dikenal dengan ikan tombro majalaya sama saja. Namun katanya ikan mas hitam lebih susah di pancing.
 
teknik dan Umpan Mancing Ikan Mas di Alam Liar umpan cara teknik jitu danau rawa sungai kedung alami ramuan racikan ampuh
Add caption
Umumnya para pemancing ikan mas di alam liar lebih menyukai umpan alami. Selain lebih mura dan lebih mudah di dapat, umpan ikan mas alami juga disukai berbagai jenis ikan lainya. Jadi penggunaan umpan ikan mas alami juga bertujuan untuk mendapatkan ikan selain ikan mas. Mengingat di alam liar, seperti di rawa, waduk,danau maupun sungai banyak terdapat jenis ikan lain selain ikan mas.

Untuk mengatasi ikan mas liar yang tidak mau makan umpan, sebaiknya kita membawa lebih dari satu macam umpan. terus apa sajakah umpan mancing ikan mas di alam liar?

Kroto

Kroto menjadi umpan yang wajib bagi sebagian besar pemancing ikan mas. Namun sebenarnya tanpa kroto pun ikan mas tetap mau makan umpan, apalagi ikan mas di danau, sungai atau rawa. Kita anggap saja kroto merupakan penyedap rasa atau garam.

Pelet

Ikan mas di alam liar juga doyan pelet lho. Meskipun di alam liar, ikan tombro mungkin tidak pernah makan pelet, namun pelet tetap dapat dijadikan sebagai alternatif umpan jitu untuk mancing ikan mas di alam liar. Segala jenis pelet dapat digunakan sebagai umpan, bahkan ada juga yang menggunakan pakan ayam sebagai umpan mancing ikan mas.

Pelet dapat digunakan sebagai umpan mancing ikan mas dialam liar baik tanpa kroto maupun dicampur dengan kroto. Namun umumnya pelet khusus yang diracik untuk ikan mas dan banyak dijual d toko pancing sudah mengandung kroto. Terus mana yang lebih jitu? Saya sarankan untuk mencoba pelet tanpa kroto maupun dengan kroto. Ikan mas di alam liar berbeda dengan di kolam, bahkan ikan mas yang berbeda spot saja karakternya bisa dikatakan berbeda.

Ubi

Ubi juga bisa dijadikan umpan mancing ikan tombro atau ikan mas baik di kolam maupun di alam liar. Alm pakde saya dulu salah satu suka sekali menggunakan ubi sebagai umpan mancing ikan tombro di kolam pemancingan. Ubi dapat dicampur dengan bahan bahan lainya atau juga dapat digunakan tanpa campuran. Yakni dengan merebus ubi terlebih dahulu hingga matang sebelum dijadikan umpan.

Sayuran

Sayuran? Iya benar sekali. Ikan mas merupakan pemakan segala seperti halnya ikan nila, ikan mas juga mau menyambar sayuran. Terus sayuran apa saja yang dapat digunakan untuk mancing ikan mas? Anda dapat menggunakan sayuran berwarna cerah seperti kubis,sawi, selada atau seledri.

Udang

Sudah mencoba berbagai jenis umpan dan ramuan ikan mas diatas namun ikan mas tetap tidak mau makan? Silahkan gunakan udang kupas. Apalagi jika di spot anda memancing ikan mas liar banyak terdapat udang. Biasanya di danau atau waduk banyak terdapat udang kecil, silahkan anda mebuka rumput, sampah atau kayu di pinggiran spot anda memancing, jika terdapat banyak udang kecil silahkan menggunakan umpan udang.

Pilihlah udang yang masih segar. Tentunya udang yang digunakan udang yang berukuran besar. lalu kupas udang dan cukup ambil dagingnya saja.

Cacing

Dapatkah mancing ikan mas menggunakan cacing? Tentu saja bisa. Apalagi jika di spot mancing liar anda banyak terdapat jenis ikan lain. Dengan menggunakan umpan cacing, anda berkesempatan mendapat ikan selain ikan mas, mengingat cacing disukai oleh hampir semua jenis ikan air tawar.
baca Juga :


Tips Mancing Ikan Mas di Alam liar

Terus apa tips dan trik mancing ikan mas di alam liar. Menurut saya trik yang pertama adalah gunakan senar berukuran kecil dan berwarna transparan. Senar dengan ukuran 0.10 mm sudah cukup jika spot bersih dari tanaman air atau sampah. Namaun jika anda menggunakan senar sekecil itu, usahakan untuk menggunakan reel spinning untuk mengntisipasi jika yang makan umpan merupakan ikan mas babon atau ikan mas berukuran besar.

Cara mancing ikan mas atau teknik yang digunakan juga mempengaruhi keberhasilan anda mancing ikan mas. Gunakan teknik gantung menggunakan pelampung, terutama jika anda mancing air yang berarus tenang atau bahkan tanpa arus seperti di danau atau rawa. Di sungai tak berarus atau danau dan rawa, biasanya banyak lumpur halus yang mengendap atau terdapat tanama air di dasar air. Jika menggunakan teknik dasaran maka umpan seringkali terendam di dalam lumpur atau malah tertutupi oleh tanaman air. Oleh karena itu teknik gantung lebih di sarankan.


Terutama jika anda mancing ikan mas di pagi hari, sore hari dan setelah hujan. Ikan mas cenderung berada mendekati permukaan air. Pada cuaca panas atau siang hari ikan mas lebih menyukai berada di dasar air.

0 Response to "teknik dan Umpan Mancing Ikan Mas di Alam Liar"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *