Memperbaiki Sambungan Joran yang Kendor

Joran model sambung saat ini sudah sangat populer. Bahkan jumlah pengguna joran model sambung mungkin lebih banyak dibanding pengguna model antena. Joran model sambung / patahan atau stick memang di kenal lebih kuat dibandi joran model antena atau teleskopik. Selain itu lengkungan joran saat menghadapi perlawanan ikan juga umumnya lebih cantik.
Memperbaiki Sambungan Joran yang Kendor mudah lepas patah stick
sambungan joran

Namun salah satu kekurangan joran sambung adalah jika sambungan  joran sudah aus/ lecek/ kendor atau mudah lepas Jika sudah begitu joran dengan model sambung harus segera di perbaiki. Karena kalau tidak diperbaiki sambungan joran bagian atas bisa saja lepas. Kecuali joran sambung yang sambunganya menggunakan drat atau mur (joint shock).

Joran dengan harga cukup mahal umumnya tidak menggunakan mur tersebut. Jadi jika sambungan joran kendor atau mudah lepas, bisa anda bayangkan ketika melempar umpan atau lure dan ujung joran terlepas. Jika senar kuat mungkin saja ujung joran tersebut masih dapat diambil. Kalau senar putus ya bisa saja hilang, apalagi jika anda mancing di laut. terutama bagi anda pecinta mancing rock fishing atau karangan yang umumnya menggunakan joran model sambung atau patah tiga.

Servis joran yang sambunganya kendor bukanlah hal yang sulit. Anda dapat memperbaiki joran anda sendiri dirumah. Alat yang dibutuhkan juga sangat sederhana dan murah.

Sebelum anda memperbaiki sambungan joran yang kendor, anda harus menyiapkan alat dan bahnya terlebih dahulu, antara lain amplas yang sangat halus dan lem ekstra kuat dan cepat kering. Saya tidak perlu menyebutkan merknya anda pasti sudah tahu.

Ada dua model joran sambung yakni sambungan yang bawah di dalam atau bagian atas lebih besar dari bagian bawah yang sering disebut dengan model put over. Dan model joran dengan bagian bawah lebih besar dari bagian atas, blank joran bagian atas di masukkan ke blank joran yang bawah atau disebut dengan model put in.

Yang akan kita otak atik atau di servis adalah bagian joran yang di masukkan ke blank joran, ada juga yang bilang sambungan laki-nya. Liat pada gambar untuk lebih jelasnya.

Bersihkan joran terlebih dahulu, terutama pada bagian sambungan joran. Jika anda cuci dengan air, jangan lupa keringkan terlebih dahulu.

Selanjutnya beri lem pada sambungan joran yang dimasukkan tersebut. Beri lem secara tipis dan merata mengitari joran tersebut. Selanjutnya keringkan sampai benar benar kering. Lem yang menempel pada joran benar benar kering lho ya. Karena anda tahu sendiri akibatnya jika joran ter lem kuat pada sambungan. Akan sangat sulit untuk di lepas.

Emang iya? Tentu saja, karena saya sendiri pernah mengalaminya. Joran terlem dengan kuat pada sambunganya. Dah butuh waktu cukup lama untuk melepasnya.

baca juga :


Jika sudah kering, jangan langsung coba dipasang pada joran. Amplas sambungan joran yang dudah di lem tersebut tipis saja, yang penting halus. selanjutnya bisa anda coba pasang pada joran. Jika tidak muat, anda bisa mengamplasnya lagi. Dan jika masih kendor anda bisa menambahkan lem secara merata pada sambungan joran tersebut dan ulangi langkah diatas.

Servis atau memperbaiki joran sambung mudah bukan?

Sedikit tambahan.

Ada yang berpendapat atau mengatakan bahwa sebelum di lem lebih baik di beri senar atau benang terlebih dahulu. Menurut saya itu tidak perlu, kecuali joran anda sangat sanagt kendor pada sambunganya. Biasanya kalau hanya sedikit kendor cukup satu lapisan lem saja sudah kencang, bahkan masih perlu diamplas karena tidak muat.

Penambahan benar umumnya dilakukan jika anda mengganti blank joran anda. Biasanya memang sulit mencari sambungan yang pas. Jika terlalu kecil, anda bisa menambahkan benang atau senar sebelum di lem.


Jika ada tambahan atau pendapat lain bisa anda tambahkan pada komentar.

0 Response to "Memperbaiki Sambungan Joran yang Kendor"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *