Cara Membuat Sambungan dan Menyambung Joran



Bagaimana Cara menyambung Joran yang patah? Bagaimana cara memperbaiki joran yang patah? Pertanyaan ini muncul ketika joran kesayang kita patah. Joran dengan harga yang mahal tentunya sayang kalau di buang, dan pastinya kitaakan berusaha untuk memperbaikinya. Apalagi jika joran tersebut merupakan joran kesayang dan penuh kenangan.

Bagaimana cara membuat sambungan joran? Pertanyaan itu sering kali muncul ketika kita akan membuat atau mengcustom joran sendiri untuk pertama kalinya. Memang saat ini banyak orang memilih mengcustom joran sendiri, karena dapat memilih action sesuai yang diingikan pemancing.

Terutama bagi caster freshwater, yakni di sungai, rawa maupun danau bahkan pemancing kolam banyak lebih suka membuat joran sendiri. Tentunya kepuasan ketika strike ikan akan lebih percaya diri dan puas ketika joran tersebut buatan sendiri.

Namun blank joran yang hampir atau lebih dari dua meter tentunya akan merepotkan saat dibawa. Apalagi jika menggunakan motor dan spot berpindah pindah. Maka dari itu joran pada umumnya di buat dengan model sambung dua atau lebih. Terus bagai mana cara membuat sambungan joran.

Membikin sambungan joran memang susah susah gampang, ketika kita menemukan blank joran yang cocok dan pas tentunya akan lebih memudahkan kita dalam membuat sambungan.

Berikut ini merupakan tiga jenis sambungan joran yang dapat anda buat dan umum digunakan para pemancing serta disertai penjelasanya. jika anda mempunyai penjelasa tambahan bisa anda tambahkan pada komentar. Jangan lupa share ya :D

Cara Membuat sambungan dan Menyambung Joran, memperbaiki joran patah
Cara Membuat sambungan dan Menyambung Joran
Cara Pertama

Yang pertama mari kita lihat sambungan joran nomor satu. Jika anda dapat menemukan blank yang salah satu ujung blank dapat dimasukan ke blank joran lainya untuk bagian sambungan, anda dapat membuat sambungan model ini.

Kuncinya, yang penting salah satu blank joran dapat masuk saja, minimal tiga cm. kalau hanya kurang sedikit saja, anda dapat mengamplas joran tersebut. Yang di amplas bagian joran yang di masukan ya. Karena jika bagian dalam blank yang di masuki blank lain yang di amplas, kekuatan joran akan berkurang.

Terus bagaimana kalau kendor? Jika kendor anda dapat mengatasinya dengan cukup mudah, baca saja di Cara Meperbaiki Sambungan Joran yang Kendor

jangan lupa beri cincin besi pada ujung sambungan, agar tidak mudah pecah. Kalau kesulitan mencari cincin besi, anda dapat melilitkan benang pe mengitari blank joran dan mengelemnya menggunakan lem yang kuat atau lem epoxy.

Cara Kedua

Cara kedua lihat pada gambar nomor dua. Cara ini umunya digunakan untuk menyambung joran yang kedua blank yang akan di sambung sama besar. bagian warna hitam yang ditunjuk anak panah warna biru merupakan shock.

Shock bisa anda buat dari blank joraan yang ukuranya dapat masuk ke dalam kedua blank tersebut. Anda juga dapat membuat shock di luar atau menggunakan blank yang lebih besar. namun para pemancing umumnya lebih memilih shock bagian dalam. Sambungan ini juga dapat digunakan untuk menyambung joran yang patah.

Jangan lupa, jika shocknya di bagian dalam, beri kedua blank tersebut cincin besi atau paling tidak lilitan penang pe yang di lem dengan kuat agar blank joran tidak pecah.

baca juga


Cara ketiga

Bagi anda yang membuat joran dengan blank fiber atau blank solid lainya, anda dapat menggunakan shock di bagian luar menggunakan blank yang berlubang. Namun pada umumnya, joran dari fiber menggunakan joint shock yang terbuat dari besi atau alumunium.

Joint shock dapat anda beli di toko pancing atau tempat penjualan bahan custom rod.

Joint shock memiliki kelbihan tidak mudah lepas atau lebih aman, karena joint shock menggunakan drat atau baut pada sambunganya.

0 Response to "Cara Membuat Sambungan dan Menyambung Joran"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *