Cara Mancing Pasiran Agar Dapat Ikan Samanganti Banyak

Pernahkah anda mancing dari pinggiran mendapat ikan banyak sekali? Puluhan? Ratusan? Bahkan ribuan dalam sekali mancing? Ya mungkin pernah jika anda mancing saat musim ikan tombol. Ikan tombol atau ikan somanganti merupakan ikan laut yang hidup secara bergerombol. Jadi kesempatan untuk mendapat ikan banyak di pinggiran atau pasiran cukup besar.
 
mancing rangakain umpan jitu ampuh banyak ikan somanganti ikan tombol pasiran
ikan tombol/ somanganti
Musim ikan tombol di pesisir jogja sendiri terakhir pada akhir tahun 2015 hingga tahun 2016 lalu. Pada saat itu pesisir pantai Jogja dari mulai pantai di bantul sampai dengan pantai congot di Kulon Progo di penuhi para pemancing tombol.  dan pantai di pesisir Purworejo ke barat , mulai dari pantai pasir mendit, pantai Gedangan , Pantai Wero, Pantai Jatimalang dan lain lain juga sama. Bahkan tidak sedikit orang yang menggunakan pancing kali ikut meramaikan musim tombol kala itu. Tidak sedikit juga yang mendapat ikan tombol berukuran besar yang disebut dengan ikan somanganti.

Saat berukuran di bawah satu kilo gram ikan tombol hidup dalam kelompik atau mencari makan secara bergerombol dengan jumlah yang sangat banyak. Namun semakin besar semakin sedikit pula kelompok ikan tombol. ikan tombol yang berukuran besar atau lebih sering disebut dengan nama ikan samanganti mampu tumbuh hingga memiliki bobot puluhan kilogram lho. Terus bagaimana rasa tarikan isomanganti? Muantapppp pastinya.

Umpan mancing ikan tombol sama dengan umpan mancing ikan target pasiran lainya seperti cacing lur, udang kupas, danundur undur atau yutuk genjuri. Bagaimana kalau menggunakan undur undur klathak? Sangat sulit mancing ikan tombol dengan undur undur klathak, kecuali ikan tersebut berukuran besar.

Bagaimana rangkaian mancing tombol atau somanganti? Jika anda berburu ikan somanganti dengan ukuran besar anda dapat menggunakan rangkaian renteng dua atau rangkaian engkle. Namun jika anda ingin mendapat ikan tombol sangat banyak gunakan rangkaian renteng sebanyak banyaknya, bahkan tidak sedikit yang menggunakan rangkaian mancing renteng 10. Anda bisa melihat berbagai jenis rangkaian Ranakaian Mancing Pasiran

Salah satu kekutrangan ikan tombol adalah cepat busuk atau basi. Ada trik dan tips agar ikan tombol atau ikan somanganti tidak cepat busuk atau basi, yakni dengan membawa coolbox. Jika tidak punya coolbox ada trik lainya yang cukup ampuh, yakni setelah mendapat ikan tombol atau ikan somanganti langsung saja disingai atau dibersihkan kotoranya. Hal tersebut dapat mencegah pembusukan ikan. Selain itu jika anda mancing di sianghari, segera kubur ikan tombol di dalam pasir.

baca juga



Waah ribet ya kalau harusmenyiangi ikan tombol? tidak, caranya sangat mudah dan anda bisa melakukanya dengan santai. Bawalah dua atau lebih rangkaian pancing. Dan menyambungkanya ke mainline menggunakan snap. Jadi setelah anda melempar umpan anda, pasangkan umpan ke rangkaian satunya. Setelah di makan tarik pancing anda dan gati rangkaian dengan rangkaian yang sudah anda pasangi umpan.
                                                   

Setelah itu anda menyiangi ikan tombol dan memasang lagi umpan di rangkaian mancing pasiran tersebut. Kalau pancing senarnya bergerak geraj tanda umpanya dimakan biarkan saja sampai anda selesai menyiangi dan memasang umpan pada rangkaian. Karena biasanya kalau langsung ditarik hanya ada satu ikan tombol yang nyangkut di kail, biarkan beberapa saat agar ikan lainya datang dan makan umpan. tidak jarang lho dalam satu tarikan mendapat lebih dari lima ikan tombol bahkan semua kail pada rentengan terisi penuh dengan ikan tombol.

0 Response to "Cara Mancing Pasiran Agar Dapat Ikan Samanganti Banyak"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *