Umpan Tiruan untuk Ikan Toman

Umpan Tiruan untuk Ikan Toman lure casting
popper
Ikan Toman merupakan ikan predator yang memiliki kepala seperti ular, tak heran jika ikan toman juga disebut dengan snake head. Ikan tomman memiliki nama latin Channa micropeltes dan masih berkerabat dengan ikan gabus.

Seperti ikan predator lainya, ikan toman juga merupakan target para caster. Ikan toman menyukai umpan tiruan yang memilki action mengeluarkan suara atau getaran di air. Suara atau getaran yang dikeluarkan oleh umpan tiruan atau lure akan membuat ikan toman marah atau sekedar penasaran saja. Jadi tips memilih umpan tiruan atau lure untuk ikan toman adalah umpan yang mengeluarkan getaran dan sura cukup keras.


Pada umumnya umpan tiruan atau lure untuk ikan toman di bentuke menyerupai katak. Ada juga umpan tiruan yang didesain dengan model tikus, ikan atau hewan lainya. Berikut ini merupakan umpan tiruan atau lure yang digunakan untuk casting ikan toman.





Jump Frog

Jump frog merupakan slah satu jenis umpan yang biasanya di desain menyerupai bentuk katak. Seperti namanya, jump frog memilki action seperti seekor katak yang melompat di atas air menyebrang sungi atau danau.

Jump frog merupakan umpan tiruan favorit bagi pemancing ikan toman. Lure jenis jump frog sangat cocok untuk menggoda ikan toman berukuran besar. tiap lompatan jump frog akan mengahasilkan suara dan getaran yang akan menarik perhatian ikan toman.

Buzz Bait

Jika spot mancing ikan toman bersih dari tanaman liar dan dalam, seperti danau misalnya, buzz bait menjadi umpan mancing andalan para caster. Dengan adanya spiner yang berputar di atas air akan menimbulkan percikan dan suara air yang cukup keras. Getaran dan suara percikan air tersebut dapat terdengar dari dasar sungai atau dipersembunyian ikan toman.

Ikan toman mana yang tidak tergoda dengan umpan berupa softlure mirip ikan atau rumbai rumbai yang dipadukan dengan jig head. Ikan toman yang penasaran mencari sumber suara spinner akan dengan sigap menyambar buzz bait tersebut.

Soft Froggy

Soft froggy merupakan umpan yang paling cocok untuk umpan mancing toman di rawa atau danau yang penuh dengan tanaman air seperti kangkung, eceng gondok atau rumput.  Ikan toman biasanya bersembunyi di bawah tanaman liar tersbut. Dan sangat sulit sekali menggunakan buzz bait atau jump frog di rawa tersebut.

Umpan jenis soft froggy sangat tepat digunakan karena soft froggy tidak mudah tersangkut tanaman liar dan dengan leluasa bergerak diantara tanaman air. Tiap jatuh di sela sela tanaman air soft froggy memilki action seakan katak yang melompat mencari makan. Ikan toman yang melihat soft froggy dari bawah tanaman air akan segera menerkam lure tersebut.
baca juga

Popper

Popping di air tawar? Mengapa tidak. Ikan toman salah satu target popping di air tawar, khususnya di danau atau rawa. Spot yang bersih dari tanaman air merupakan spot yang tepat untuk bermain popper.


Action popper yang mengeluarkan suara keras dan percikan air dianggap menantang oleh ikan toman yang notabene jenis ikan yang sangat agresif. Popper yang melintasi ddaerah kekuasan ikan toman akan langsung di hajar habis habisan.



1 Response to "Umpan Tiruan untuk Ikan Toman"

  1. kunjungan siang.
    kunjungan balik gan www.sukkabacca.blogspot.com

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *