Tips Casting Baby GT - Petek

Mancing baby GT menggunakan teknik casting memang sangat mengasikan. Ikan giant travelly dengan ukuran di bawah satu kilogram atau juga populer dengan nama ikan petek memang merupakan ikan predator yang agresif dan tarikanya bakal bikin kangen para pemancing,

Ikan baby GT tidak selamanya merupakan anakan ikan GT, karena ikan Gt ada yang tidak dapat tumbuh besar. ikan tersebut merupakan ikan petek. Akan tetapi umumnya ikan giant travelly yang berukuran kecil disebut sebagai ikan petek. Dan mungkin di daerah lain, ikan petek atau ikan baby GT memiliki nama lain, seperti caru, lawis dan lain lain.

Ikan baby GT merupakan ikan yang sangat agresif maka tak heran jika segala jenis umpan tiruan mulai dari spoon, spinner, popper, minnow dan lain lain di sambar oleh ikan baby GT. Umpan top water seperti stick bait dan popper merupakan umpan yang paling sering digunakan oleh pemburu baby GT. Umpan softlure juga merupakan umpan yang killer untuk mancing baby GT.

Tips Casting Baby GT - Petek
Baby GT - Petek
Anda tidak perlu bingung masalah umpan, anda dapat menggunakan umpan tiruan yang anda buat sendiri dari bulu ayam, plastik bekas bungkus makan, tali rafi atau dari karet pentil. Tutorial cara membuatnya juga sudah saya tulis dan disertai gambar di blog ini.


Anda dapat casting baby GT di tengah laut, muara sungai dan terkadang ikan baby GT masuk ke perairan air tawar. Tapi spot yang paling efektif untuk mancing ikan baby GT menggunakan teknik casting adalah di muara sungai. Ikan baby GT biasanya mencari makan di sekitar muara sungai secara berkelompok.

Untuk alat mancing casting baby GT sebenarnya tidak terlalu muluk muluk. Anda dapat menggunakan joran casting dan reel yang ukuran kecil, yang terpenting menyesuaikan spot mancing saja. Tentunya jika menggunakan piranti mancing ultralight untuk mancing ikan baby GT akan memberikan sensasi lebih.

Saking agresifnya ikan baby GT, ukuran senar tidak terlalu berpengaruh. Leader senar monoline berukuran 0.50 mm pun akan tetap disambar.

Ikan baby GT sangat agresif ketika air sedang pasang. Apalagi ketika cuaca sedang mendung, ikan baby GT biasanya kan berada di permukaan berenang kesana kemari mencari masang secara bergerombol. Ketika matahari baru saja terbit dan matahari akan terbenam  juga merupakan waktu yang cocok untuk casting ikan baby GT.

baca: 

Hal yang patut untuk diperhatikan dalam mancing ikan yang juga disebut sebagai ikan petek ini adalah memilih spot casting. Ikan ini menyukai muara atau sungai di dekatnya yang berarus deras. Maka dari itu lempar umpan ke titik titik sungai atau muara sungai yang berarus cukup deras.

Jika arus sungai cukup tenang anda dapat menggunakan teknik retrieve fast retrieve atau stop and go. Tenang saja, ikan baby GT merupakan ikan dengantepat sasaran dalam menyambar mangsa. Yang terpenting mata kail yang anda gunakan benar benar tajam.

12 Responses to "Tips Casting Baby GT - Petek"

  1. Niche blognya beda dari yg lain :D keren

    ReplyDelete
  2. astaga, abru nemu blog fokus mancing!
    cakep artikelnya, kalau aku mancing paling kalau pergi ke pemancingan sama keluarga. Btw Ikan baby GT namany? GT apaan sih?

    ReplyDelete
  3. jarang2 ada blog yg bahas mancing,
    keren gan ditunggu post slanjutnya

    ReplyDelete
  4. Ini gan kalau air cukup deras gimana gan teknik yang pas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pake umpan bulu ayam atau spoon gan :D

      Delete
  5. Bagus nih. Saya sering sering ke blog ini aja. Soalnya saya hobby mancing :)

    ReplyDelete
  6. wah, mksih gan.
    kebeulan saya sering MANCING :D

    ReplyDelete
  7. Klo muara ditempat ane keruh n deras plus penghuni buaya
    Umpan apa yg cocoky mas bro..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba menggunakan softlure glow in the dar gan atau gunakan spoon berukuran kecil..

      Delete
  8. Pas bener dah..sbm sy baca artikel ini,sy sudah mengalami hal ini. Tambahan: jika lure anda berukuran besar,bisa disambung dg line yg dpasang pada ekor lure.dengan double mata kail yg berumpan apasaja(sy menggunakan daging baby gt itu sndiri sbg umpan) dan hasilnya 86ekor sebesar telapak tangan.

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *