Fakta Ikan Betok! Jangan kaget ya

 Ikan betok merupakan salah satu jenis ikan air tawar pemakan segala. Ikan betok juga dikenal dengan banyak nama yang berbeda beda di setiap daerahnya. Di Kalimantan, ikan betok di kenal dengan nama ikan papuyu. Sedangkan di Jawa ikan betok memiliki nama yang disesuaikan ukuranya, yakni makan ikan betok disebut menther, ikan betok berukuran sedang di sebut bethik dan ikan betok berukuruan besar disebut sebagai ikan betok.
 
Fakta unik mancing Ikan Betok paling besar
ikan betok

Ikan betok memiliki warna perut putih atau kuning dan punggungnya memiliki warna hijau kehitaman. Jika ikan betok hidup pada air mengalir akan memiliki warna cokelat dan terlihat jelas terdapat sebuah bintik hitam di bagian ekornya. Karena bentuknya yang garang, dengan sisik kasar dan sirip yang tajam, para pemancing sering menyebutnya Green Bass Jawa. Tentunya nama tersebut bukan nama resmi, hanya nama alias atau panggilan dari para angler.

Walaupun ikan betok merupakan ikan yang tergolong kecil, namun fakta fakta ikan betok di bawah ini mungkin saja membuat anda kaget. Mengapa? Mari kita simak fakta fakta mengenai ikan betok di bawah ini.
1. Ikan betok mampu bernafas di udara

Seperti halnya jenis ikan lainya, ikan betok bernafas di dalam air menggunakan insang. Akan tetapi tahukah anda ? fakta ikan betok dapat mengambil oksigen langsung dari udara. Hal ini dikarenakan ikan betok memiliki organ yang disebut dengan labirin. Organ labirin pada ikan betok yang membuatnya dapat bernafas di udara dan dapat bertahan hidup tanpa air jauh lebih lama dibanding ikan lainya.

Selain ikan betok, ikan lele dan ikan gabus juga memiliki organ tersebut. Organ labirin pada ikan betok juga mampu membuatnya hidup di perairan yang minim oksigen. Ikan betok akan berenang ke permukaan air dan mengambil nafas langsung dari udara.

2. Ikan Betok Mampu berjalan di daratan
Dalam bahasa Inggris, ikan betok disebut dengan ikan climbing gourami atau climbing Carl. Hal ini berdasarkan ikan betok yang mampu berjalan di atas tanah. Ikan betok yang memiliki sisik yang kasar serta insang yang keras dan kuat membantunya berjalan di atas tanah dengan membuka kedua insangnya dan menyegerakan tubuhnya, ikan betok terlihat seperti berjalan menggunakan kaki.
Ikan betok yang di lengkapi dengan organ labirin membuatnya mampu berjalan cukup jauh untuk sekelas ikan. walaupun ikan betok tetap saja akan mati jika lama tidak dapat mendapat air atau tidak bisa hidup di daratan sepenuhnya, kemampuan ini membantunya menemukan perairan baru ketika habitatnya kekeringan.

3. Umur ikan betok
Ikan betok memiliki umur yang cukup panjang, yakni sampai dengan enam tahun. Tahukah anda ikan betok mampu tumbuh hingga memiliki panjang tubuh 25 cm? mungkin anda selama ini melihat ikan betok paling besar ukuranya sebesar empat jari orang dewasa dengan panjang 15 cm.

4. Ikan Betok termsuk ikan Agresif
Ikan betok berukuran kecil memang terlihat sering bergerombol dan hidup secara akur. Akan tetapi faktanya ikan betok besar termasuk ikan teritorial. walaupun terlihat kalem di dalam air, namun ikan betok akan terlihat garang seperti saat di daratan ketika ada ikan lain yang masuk ke sarangnya. Yakni dengan mengambangkan siripnya yang tajam dan membuka insangnya.


5. Ikan betok tidak hanya ada di Indonesia. 
Ikan betok dapat ditemui di beberapa negara tetangga di antaranya di Malaysia dan beberapa negara Asia Tenggara lainya. Selain itu ikan betok juga dapat di temui di India dan di negeri tirai bambu.

6. Harga
ikan Betok Mahal

 Di Jawa ikan betok mungkin di anggap sebagai ikan liar yang menjadi target para pemancing. Namun tahukah anda harga ikan betok di Kalimantan cukup mahal, harga ikan betok bersaing dengan harga ikan gabus. Di Kalimantan, terutama Kalimantan tengah ikan betok di kenal sebagai ikan yang sangat lezat. Maka tak heran jika di sana harganya mahal. Di sana ikan betok di olah menjadi berbagai masakan lezat, salah satunya ikan betok bakar. Bahkan insang, kepala dan beberapa bagian ikan betok lainya juga di olah dengan cara di fermentasi.

7. Umpan Mancing Killer

 Ikan betok dapat digunakan untuk umpan mancing di laut maupun muara sungai. Mungkin banyak yang tak mengira dan faktanya banyak yang bertanya tanya,  apa benar ikan betok dapat digunakan sebagai umpan? hal ini dikarenakan tubuh ikan betok yang ditutupi sisik yang keras serta memiliki duri sirip yang tajam sehingga penampilanya terlihat garang.

padahal ikan kakap bakau sangat menyukai ikan betok. Ikan kakap bakau yang terkenal hanya mau makan udang atau ikan hidup akan menyambar ikan betok meskipun ikan betok sudah mati.

0 Response to "Fakta Ikan Betok! Jangan kaget ya"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *