Tips Memilih Reel Pancing Spinning- Bagian Bagian Penting



Saat ke toko pancing untuk membeli reel, anda mungkin bingung karena dihadapkan dengan begitu banyak jenis, merk bentuk dan reel pancing dengan berbagai warna dan harga. Tentunya hal tersebut membuat kita bingung, apalagi jika dana yang kita miliki terbatas.

sehingga sering muncul pertanyaan. bagaimana cara memilih reel yang bagus? reel apa yang murah dan kuat? bagai mana cara memilih reel?
Tips Memilih Reel Pancing Spinning- Bagian Bagian Penting murah kuat bagus
Reel Spinning
Berikut ini merupakan bagian bagian reel yang penting beserta penjelasanya. Selain itu dengan membaca artikel ini anda dapat memilih reel dengan lebih mudah dan tepat sesuai peruntukan dan harganya. Jangan sampai beli reel dengan harga yang mahal akan tetapi kurang nyaman digunakan saat anda memancing. karena tiap jenis dan ukuran reel di rancang sesuai dengan teknik dan ikan target para pemancing.



Spool reel

Spool Reel merupakan hal yang menjadi pertimangan pertama kali ketika memberi reel pancing, terutama jika akan membeli reel dengan dana yang terbatas. Umumnya spool reel terbuat dari plastik, grafit atau alumunium. Ketiga bahan tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing.

Reel dengan spool plastik sangat ringan dan murah. Biasanya spool reel dengan harga yang sangat murah dan dengan ukuran kecil terbuat dari plastik. Kekurangan spool dengan bahan plasti adalah tidak begitu kuat.

Bahan spool reel yang kedua adalah grafit (graphite). Spool berbahan grafit juga terdapat pada reel dengan harga murah, tidak jauh beda dengan reel dengan spool berbahan plastik. Selain ringan, spool berhahan grafit juga lebih kuat. biasanya pada reel dengan harga murah, atau spool cadangan pada reel double spool menggunakan bahan jenis ini.

Spool reel dengan bahan dasar alumunium merupakan spool yang menjadi pilihan utama para pemancing. Sudah banyak reel dengan harga murah menggunakan bahan ini. Walau sedikit agak berat, spool berbahan alumunium jauh lebih kuat.

Bentuk spool juga reel juga wajib anda perhatikan pada saat membeli reel. Umumnya bentuk spool sama, hanya untuk reel spinning yang ditujukan untuk surf fishing atau surf casting (mancing pinggiran / pasiran) spool reel didesain secara khusus. Reel untuk surf fishing memiliki bentuk yang cenderung lebih panjang dan dangkal. Hal ini mengurangi gesekan antar senar pada spool sehingga memudahkan pemancing untuk melempar dengan jauh.

Ukuran Reel

Ukuran reel juga harus anda perhatikan ketika memilih reel pancing. Ukuran reel spinning sangat berhubungan dengan kenyamanan saat digunakan untuk memancing. Memang, setiap merk memiliki standar yang berbeda dalam menentukan ukuran reel spinning. Misalnya saja Shimano, Daiwa, dan Viking memiliki standar yang berbeda.

Akan tetapi pada umunya ukuran reel mengacu pada kapasitas spool dalam menampung senar. Umumnya reel dengan ukuran 1000 dapat menampung senar dengan ukuran 0.10 mm sepanjang 100m, reel dengan ukuran 2000 dapat menampung senar dengan ukuran 0.20 mm sepanjang 100m, reel dengan ukuran 3000 dapat menampung senar dengan ukuran 0.30 mm sepanjang 100m dan seterusnya.

Selain beberapa merk reel memiliki standar yang berbeda, ada juga yang menuliskan ukuran reel dengan angka atau kode yang berbeda, misalnya saja 5000, 5040, gk 50 dan lain lain. Terus bagaimana cara mengatasi hal tersebut. Anda dapat melihat keterangan yang tertulis pada reel atau kardusnya. Anda dapat membandingkan tiap ukuran senar yang dapat di muat oleh spool reel tersebut.

Berikut ini ukuran reel yang umum digunakan untuk tiap teknik mancing
Ukuran reel untuk ultralight casting antara 200 sampai dengan 1000
Ukuran reel untuk light casting ( disungai, muara, pantai) antara 1000 sampai dengan 4000. Reel dengan ukuran 1000 biasanya untuk di sungai, ukuran 2000 untuk di muara. Sedangkan reel dengan ukuran 3000 – 4000 digunakan untuk berburu ikan ikan predator berukuran besar.

Untuk Surf Fishing / Surf Casting/ mancing pasiran/ mancing Pinggiran antara 5000 sampai dengan 10.000. akan tetapi yang paling umum digunakan ukuran 8000
Untuk light popping dan light jigging dan ukuran reel yang umum digunakan antara 6000 sampai dengan 10000.

Untuk mancing karangan atau rock fishing antara 8000 sampai dengan 12.000
Untuk heavy jigging dan heavy popping ukuran reel yang umum digunakan anatara 12.000 hingga 20.000.

Gear Ratio

Hampir semua merk reel menyertakan keterangan gear ratio pada reel pancing. Apa arti gerar ratio? Gear ratio merupakan perbandingan antara putaran handle dengan putaran spool. Angka di depan biasanya menunjukan putaran spool dan angka yang di belakang menunjukan putaran handle. Misalnya

3.3 : 1 artinya tiap satu putaran handle, spool berputar sebanyak 3,3 kali
5.0 : 1 artinya tiap satu putaran handle, spool berputar sebanyak 5 kali


Terus mana yang lebih bagus? Hal tersebut tentunya sesuai selera dan teknik yang digunakan untuk memancing. semakin besar gear ratio, tentunya semakin cepat pula senar masuk kedalam spool. Umumnya gear raatio di kelompokan menjadi dua, yakni rasio tinggi (cepat) dan ratio rendah (lambat). Atau juga di kenal dengan istilah High Gear yang biasa dingkat dengan HG dan Power Gear (PG).

Reel dengan ratio cepat memang memiliki kelebihan lebih ceat dalam menggulung senar. Sedangkan reel Power gear memang lebih lambat dalam menggulung senar, akan tetapi beban yang bertumpu pada reel lebih ringan ketika menggulung senar. Jadi reel dengan power gear cenderung lebih kuat.

Pemilihan gear ratio juga mengikuti teknik yang akan digunakan. Berikut ini merupakan beberapa panduan yang bisa anda jadikan patokan, dan tentunya hal ini tidak mutlak. Para pemancing dan anda mungkin memiliki selera yang berbeda.

Untuk jigging biasa menggunakan Power gear atau reel dengan gear ratio rendah.
Untuk popping para poppinger biasanya lebih mnyukai high gear (HG) atau reel dengan gear ratio cepat.
Jika anda ingin bermain lure dengan action walk the dog( wtd), reel dengan ratikan.o rendah lebih cocok.
Untuk ikan ikan dengan mulut yang mudah sobek reel dengan ratio rendah lebih di anjur
Biasanya, reel long spool untuk surf casting memiliki gear ratio rendah, yakni di bawah 5.0 :1. Hal ini memudahkan para pemancing dalam mengatasi perlawanan ikan ikan besar dari pinggir laut atau pantai.

Bahan Body reel

Seperti spool, body reel umumnya terbuat dari tiga bahan yakni plastik , grafit dan metal. Reel dengan body plastik atau grafit memang lebih murah dan ringan, akan tetapi reel dengan body metal memang lebih kuat walau harganya lebih mahal. Reel dengan body metal memang cenderung lebih berat, akan tetapi reel dengan harga yang mahal beratnya sama bahkan lebih ringan dari reel berbahan grafit dengan harga yang murah.

Kualitas Drag

Reel  spinning memiliki dua jenis sistem drag yakni drag depan dan belakang. Pada dasarnya sistem drag tersebut di bedakan dari cara mengatur kekencangan drag reel.

Drag reel harus dapat berputar secara lancar sesuai dengan kekuatan yang di atur. Jika drag tidak dapat berputar secara lancar dan konstan, senar akan rawan putus ketika menghadapi perlawanan ikan ikan besar. lho kok bisa?

Drag reel biasanya di atur sesuai kekuatan senar,. Yakni dibawah kekuatan senar, umunya sepertiga kekuatan senar. Jadi ketika ikan melawan dengan tarikan yang sangat kuat, reel akan mengeluarkan senar sesuai dengan kekauatan ikan dan setting drag, sehingga senar tidak akan putus. Dan jika tiba tiba drag macet tentu saja senar kemungkinan besar akan putus.


Drag Reel yang bagus di lengkapi ball bearing atau laker pada sistem drag di spool.

Kekuatan drag reel bermacam macam, ada yang mampu menahan hingga puluhan kilogram. Kekuatan tersebut tentunya disesuaikan dengan teknik anda memancing. jika teknik anda popping di tengah laut kekuatan  drag yang bersar sangat di perlukan. Sedangkan jika anda mancing pinggiran dari pantai atau pasiran (surffishing), drag dengan ukuran 5 kg sudah cukup mumpuni.

Ball Bearing

Ball bearing atau sering disebut dengan laher atau laker merupakan komponen reel yang wajib anda perhatikan. Carilah reel dengan ball bearing yang sudah anti korosi. Jika ball bearing macet tidak berputar, reel juga akan macet.
ball bearing atau Bushings pada spinning reel ditempatkan di dalam body reel untuk kelancaran, dan stabilitas. Lebih banyak ball bearing yang terpasang pada reel maka putarannya akan lebih halus dan lebih nyaman digunakan saat menghadapi perlawanan ikan babon.


Selain itu carilah reel dengan minimal dua ball bearing di tengah dan 1 ball bearing di samping kanan dan kiri pada dimana handle terpasang. Dengan kata lain minimal 4 ball bearing pada reel. Meskipun reel tersebut harganya murah, jika sudah 4 ball bearing saat menghadapi perlawanan ikan besar tidak begitu goyang. Bisa anda bandingkan reel dengan harga yang sama dengan jumlah ball beaering 3 atau dibawahnya dan ball bearing diatas 4. Tentunya jumlah real ya, karena ada yang mencantumkan jumlah ball bearing tidak sesuai dengan yang terpasang pada reel.

Pilih reel dengan ball bearing paling banyak bila anda mampu. Minimal, dapatkan reel dengan setidaknya empat ball bearing. Tidak ada yang lebih buruk daripada memiliki reel yang tidak bekerja dengan baik, atau tidak halus pada waktu menggulung, jadi cobalah untuk tidak terlalu irit saat sampai ke bagian pembelian reel ini.

Line Roller

Memang susah memilih line roller. Yang terpenting di dalam line roller sudah terdapat ball bearing. Jadi jika di total, Minimal 4 ball bearing pada bodi reel dan 1 ball bearing pada line roller. Line roller yang macet atau tidak lancar akan merusak senar. Selain senar mudah keriting, senar atau benang juga akan mudah putus saat digunakan.

Selain itu carilah permukaan ball line roller yang tidak mudah korosi. Memang cukup sulit memilihnya, akan tetapi jika line roller berputar dengan lancar, line roller tidak akan mudah tergerus senar.

baca : cara Merawat reel agar Awet

Anti-Reverse Handles

Anti-reverse handles jarang di perhatikan. Anti-reverse berfungsi agar reel benar benar tidak berputar terbalik saat di sentak. Hal ini sangat berpengaruh dalam teknik mancing yang memrlukan ketepatan hentakan. Maka dari itu carilah reel yang jika sudah di atur tidak dapat berputar kebelakang, reel tersebut sama sekali tidak dapat berputar terbalik sedikitpun..

Main Gear (Pinion Gear dan Drive Gear)

Main gear dan pinion gear memang tidak dapat dilihat saat membeli karena letaknya yang didalam. Namun anda dapat menanyakan pada teman yang pernah membongkar dengan merk tersebut.

ada tiga bahan yang umum digunakan dengan dalam pembuatan main gear yakni zin, bras dan alumunium(duralium). Zinc umumnya pada reel dengan harga murah, bahanya cukup rapuh dan mudah aus.

Bahan brass warnanya kuning dan lebih bagus dari zinc. Sedangkan bahan alumunium lebih ringan dan kuat dibanding kedua bahan tersebut. Namun reel dengan kualiatas bagus mimiliki main gear dengan komposisi bahan yang berbeda beda tiap pabriknya. Tentunya main gear di rancang sekuat danseringan mungkin.


2 Responses to "Tips Memilih Reel Pancing Spinning- Bagian Bagian Penting"

  1. Just read your article. Good one. I liked it. Keep going. you are a best writer your site is very useful and informative thanks for sharing! Go for the best quality product possible and research before purchasing one. Wasting money is not something anyone likes, better spend sometimes on research and get the right best spinning reel.

    ReplyDelete
  2. After you choose which reel you will get, or if nothing else from which maker you ought to have the capacity to check the reel and ensure everything is set up. Guidance Sports

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *