Umpan Racikan Sederhana Mancing Lele Babon Jitu


Ikan lele merupakan ikan konsumsi dan banyak di jual di pasaran. Akan tetapi umumnya jang di jual di pasar hanya sampai berat dua ons saja. Namun sebenarnya ikan lele dapat tumbuh besar, jadi tak heran banyak mancing mania mengincar ikan lele baik di kolam maupun di sungai.
Umpan Racikan Sederhana Mancing Lele Babon Jitu
Ikan Lele Berukuran Besar

Ikan lele merupakan salah satu ikan air tawar yang dapat tumbuh besar hingga puluhan kilogram di alam liar. Namun di kolam pemancingan, mungkin hanya ikan lele berukuran sampai dengan  sekitar 5 kilogram yang dapat kita temui di kolam pemancingan. Akan tetpi ikan lele babon dengan berat tersebut sudah akan memuaskan kita dengan tarikanya yang mantab.

Selain di kolam, ikan lele babon atau ikan lele besar dapat dijumpai di sungai, rawa, danau bahkan selokan. Ikan lele berukuran babon menyukai spot yang dalam dan berlumpur dengan air tenang.

Tips mancing ikan lele besar adalah gunakan mata kail yang ekstra tajam dan kuat, mengingat kepala ikan lele babon sangat keras. Begitu pula dengan senar dan joran yang anda gunakan, harus kuat agar mampu menghadapi perlawanan ikan.

Untuk umpan mancing lele besar sebenarnya cukup sederhana dan mudah di temui yakni jangkrik dan cacing. Akan tetapi, agar cacing dan jangkrik tersebut disukai ikan lele berukuran jumbo, perlu di olah terlebih dahulu. Berikut ini tips mengolah cacing dan jangkkrik sebagai umpan ikan lele berukuran besar.

Pertama cara Mengolah jangkrik sebgai umpan ikan lele. Yang kita butuhkan hanyalah sebotol cuka sebagai campuran jangkrik tersebut. Caranya, rendam jangkrik sebelum di jadikan umpan mancing lele. Cukup rendam selama sebentar saja tidak perlu lama lama apalagi semalaman.

Anda bisa menempatkan jangkrik pada botol kecil, lalu masukan cuka ketika  anda memancing. Jika anda mancing dalam waktu yang lama, anda bisa memasukan jangkrik sedikit demi sedikit.

Berikutnya cara mengolah cacing sebagai umpan lele babon. Cacing yang digunakan sebagai umpan mancing lele yang baik adalah cacing yang berukuran besar, seperti cacing konda, cacing kalong dan cacing unthel. Dari ketiga jenis cacing tersebut, saya lebih suka cacing unthel karena memiliki aroma yang khas dan mampu menarik perhatian ikan lele.

Baca: 

Sebelum digunakan, ada trik khusus mengolah cacing agar killer untuk umpan mancing lele. Yang kita butuhkan adalah sebutir telur bebek. Pertama tama campurkan telur bebek dengan media cacing, bisa tanah, kotoran kering atau yang lainya. Usahakan campuran tersebut basah akan tetapi tidak encer.

Setelah itu masukan cacing kedalam media tersebut satu malam sebelum cacing tersebut digunakan sebagai umpan lele. Sebenarnya cacing olahan tersebut bukan hanya killer untuk ikan lele berukuran besar, tetapi juga ikan bawal dan ikan luthok.



1 Response to "Umpan Racikan Sederhana Mancing Lele Babon Jitu"

  1. Wihh mantap bgt gan... Kebetulan di kali deket rumah saya banyak lele

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *