Umpan Mancing Bawal Kolam Harian

Kali ini saya akan berbagi tips memilih umpan untuk mancing di kolam bawal harian. Mancing di kolam bawal memang mengasikan untuk mengisi libur kerja. Apalagi jika ikan bawal hasil pancingan di kolam harian tersebut bisa langsung di masak. Sehingga kita bisa memancing sambil menikmati hasil pancingan kita.

Umpan Mancing Bawal Kolam Harian


Ikan bawal pada kolam harian pada umumnya merupakan ikan baru. Ikan baru yang di maksud adalah ikan yang baru saja di beli dari para pembudidaya ikan bawal. Maka dari itu umpan berbahan dasar pelet ikan cukup efektif di gunakan untuk mancing ikan bawal harian pada siang hari. Dimana ikan bawal sudah terbiasa di beri makan pelet oleh para pembudidaya ikan bawal pada siang hari.

Pilihah pelet yang tenggelam bukan pelet yang terapung. Anda juga bisa mencampurkan pelet dengan telur bebek atau telur ikan sapu sapu. Telur sapu sapu memang sudah terkenal ampuh untuk mancing ikan bawal.

Umpan alami seperti cacing dan ulat daun pisang juga di sarankan untuk dicoba. Ikan bawal memang terkenal memiliki selera makan yang berbeda beda di setiap kolam harian. Akan tetapi cacing dan ulat daun pisang merupakan umpan yang di sukai ikan bawal. Saya sendiri jika memancing ikan bawal di kolam harian malam hari selalu membawa salah satu dari kedua umpan bawal tersebut.

Jika anda menggunakan umpan cacing pilihlah cacing berukuran besar, misalnya cacing unthel atau cacing kalong. Cacing unthel memiliki bau yang khas dan sangat dirokemendasikan untuk umpan bawal. Pasang cacing secara utuh dan jangan di potong.

Jika anda menggunakan ulat daun pisang untuk mancing ikan bawal di kolam harian, gunakan ulat daun pisang yang sudah berubah menjadi kepongpong. Tetapi kalau tidak ada, ulat daun pisang yang masih berwujud pisang pun juga bisa digunakan.

Umpan tahu putih juga di rekomendasikan untuk memancing ikan bawal di kolam, terutama kolam harian. Tahu putih cocok untuk mancing ikan bawal di kolam harian siang hari. Caranya potong tahu dengan bentuk dadu sebesar mata kail yang kita gunakan.

Tahu akan lebih efektif digunakan untuk umpan mancing ikan bawal kolam harian saat tahu sudah basi. Caranya adalah simpan tahu selama dua hari sebelum digunakan. Jangan simpan tahu pada lemari pendingin.

Hati hati saat menggunakan umpan tahu, karena tahu mudah sobek. Jadi harus pelan pelan melempar umpan saat mancing ikan bawal di kolam harian. Tahu basi juga bisa digunakan untuk bom ikan bawal di kolam harian agar ikan berkumpul. Caranya cukup mudah, yaitu hanya dengan meremas atau menghaluskan tahu basi sebelum disebar ketitik kolam yang kita inginkan.

7 Responses to "Umpan Mancing Bawal Kolam Harian"

  1. Wah ternyata make tahu buat mancing bisa ya. soalnya umumnya pake cacing ha ha ha ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan...bisa jadi umpann alternatif bagi yang takut cacing

      Delete
  2. Tahu yang seperti apa ya mas, kalau lembek kan bisa-bisa langsung lepas kaitnya?

    Ternyata tahu termasuk umpan yang jitu. Jadi pengetahuan deh buat saya.

    Bawal secara tekstur mirip ya dengan piranha? Kira-kira mas tahu gimana asal mulanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahu putih pak. memang harus hati hati lempar umpanya pak, tetapi kelebihnya kail lebih mudah menancap di mulut. gigi ikan bawal cukup tajam, jadi kalau sampai kail tertelan kemungkinan besar senar akan putus pak. untuk habitat aslinya saya belum tahu. :)

      Delete
  3. kalow pakek essen telur sapau2 bisa ngk om....

    ReplyDelete
  4. Jadi Tahu umapna pake tahu..cobain ah, thanks infonya gan

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *