Tips Memilih Joran Murah , Kuat dan Nyaman



Joran merupakan salah satu alat yang paling penting dalam memancing. Ketika pergi ke toko pancing kita sering kali bingung memilih joran pancing dengan banyaknya pilihan yang tersedia. Maka dari itu lebih baik kita mempertimbangkan hal hal yang akan di sebutkan dibawah ini sebelum membeli joran.

Tips Memilih Joran Murah , Kuat dan Nyaman



Tips memilih joran yang pertama adalah harga joran. Umumnya yang menjadi pertimbangan pertama saat akan membeli joran adalah harga. Saya sendiri sebelum pergi ke toko pancing untuk membeli joran memperkirakan kisaran harga sesuai kantong saya. Jadi harga joran murah atau mahal itu relatif sesuai kantong. Mungkin joran yang menurut saya mahal tetapi murah bagi anda.

Tidak dapat di pungkiri merk joran menjadi salah satu pertimbangan utama saat membeli joran. Ya memang merk merk joran yang sudah punya nama biasanya joran yang digunakan lebih nyaman digunakan walaupun harganya memang ralatif mahal. Sebenarnya jika kita jeli dalam memilih joran, joran dengan harga murah juga nyaman digunakan.

Tips memilih joran selanjutnya adalah pilihlah joran yang sesuai dengan ikan target yang akan kita pancing. Misalnya ketika akan memancing ikan sidat maka sebaiknya kita memilih joran berbahan dasar fiber dan joran dengan karakter kaku atau heavy. Contoh lainya ketika ingin memancing ikan belanak tentunya memilih joran yang agak lentur, terutama bagian ujungnya. Joran yang sesuai dengan ikan target yang akan di pancing akan memberikan sensasi yang kita inginkan serta nyaman digunakan.

Spot di mana kita akan memancing juga menjadi pertimbangan saat memilih joran. Spot sangat berkaitan dengan panjang joran, misalnya ketika memancing di pantai atau pasiran maka pilihlah joran yang memiliki panjang sampai dengan 4,5 meter. Di mana joran panjang diperlukan untuk dapat melempar umpan dengan jauh. Berbeda jika anda memancing di sungai, apalagi penuh dengan pepohonan. Joran pendek mungkin lebih efektif, karena jika menggunakan joran panjang akan terganggu ranting pohon saat memancing.

Teknik mancing yang kita gunakan tentunya juga harus di pertimbangkan ketika memilih joran. Umumnya joran juga di buat sesuai teknik mancing, misalnya joran jigging, joran popping, joran fly fishing dan lain lain.


Reel yang akan kita gunakan juga menjadi pertimbangan saat memilih joran yang akan kita beli. Misalnya reel yang kita gunakan reel spinning maka lebih nyaman di pasangkan dengan joran spinning. Kalau reel spinning dipasangkan dengan joran baitcasting akan kurang nyaman jika digunakan untuk memancing.

Pilihlah joran yang ring guidenya minimal sudah dilapisi keramik atau terbuat dari tanduk pada ring guide paling ujung. Ring guide yang masih terbuat dari besi cenderung akan merusak senar. Biasanya senar akan cepat keriting jika kualitas ring guide pada joran tidak bagus.

2 Responses to "Tips Memilih Joran Murah , Kuat dan Nyaman"

  1. wah mantap nih.. baru kali ini saya blogwalking nemu blog isi tentang mancing. soalnya saya juga hobi mancing hehe..

    ReplyDelete
  2. isi blog ini mancing semua, bagus gan memilih niche, karena blog seperti ini jarang. Artikelnya juga bagus dan bermanfaat. Nice Info (y)

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *