Tips Mancing Ikan Kiper

Uka memancing ikan kiper? Atau pengen mancing ikan kiper? Silahkan artikel berikut ini, semoga dapat membantu anda ketika mancing ikan kiper.  Ikan kiper biasa juga di sebut dengan ikan Kiang. Ikan kiper atau ikan kitang dapat kita temui atau kita pancing di laut maupun kawasan muara sungai

mancing kiper
sumber youtube.com


Seperti halnya memancing ikan baronang, pertama kali yang harus disiapkan ketika memancing ikan kiper adalah peralatan keamanan. Bagi anda yang Hendra mancing ikan kiper disarankan untuk menggunakan kaos tangan atau kain lap yang tebal dan tidak licin untuk memegang ikan kiper. Ikan memiliki duri yang mirip dengan duri ikan baronang yang yang beracun atau bisa didalamnya. Jadi setidaknya jika menggunakan kaos tangan untuk memegang ikan kiper memudahkan kita dalam memegang ikan kiper atau tidak licin sehingga mengurangi resiko terkena duri ikankiper yang beracun.


Sekarang lanjut ke joran Anda dapat menggunakan joran tipe spining atau Bjorn tegek untuk memancing ikan kiper. Joran tegek memilii kepekaan dan sensasi yang lebih terasa di banding joran spinning jika dgunakan untuk mancing ikan kiper. Pilihlah joran dengan ujung yang tidak terlalu kaku.

Gunakan senar dengan ukuran tidak lebih 0.25mm untuk mancing ikan kiper atau kitang. Gunakan mata kail yang tajam dengan ukuran 4 hingga 6. Kail lebih kecil lebih mudah menancap karena mulut ikan kiper itu kecil. Akan tetapi mata kail kecil akan lebih susah di lepas.


Cukup gunakan timah lipat dan pelampung kecil untuk mancing ikan kiper,tanpa pelampung tidak terlalu berpengaruh. Memancing ikan kiper tanpa pelampung akan memberi sensasi tersendiri, yaitu getaran pada senar ketika umpan di sambar ikan kiper.

Tidak perlu bingung memikirkan umpan ikan kiper, karena ikan kiper merupakan ikan pemakan segala atau omnivora dan sangat rakus. Anda dapat menggunakan lumut, undur undur, udang, cacing bahkan umpan belanak pun akan ikut di di sambar oleh ikan ini. Jika menggunakan lumut, pilihlah lumut bertekstur halus. Jika kesulitan dalam mencari lumut halus, anda dapat menggunakan lumut kasar. Beri sedikit garam pada lumut kasar agar teksturnya menjadi halus sebelum lumut di gunakan untuk memancing..

ketika mencari makan, biasanya ikan kiper berenang secara berkelompok. Jadi anda dapat menggunakan bom agar ikan rombongan ikan kiper berkumpul di titik yang anda inginkan. Anda dapat menggunakan lumut sebagai bom ikan kiper. Anda juga bisa menggunakan bom ikan belanak sebagai bom ikan kiper. Karena sering kali ketika saya memancing ikanbelanak, malah ikan kiper yang berkumpul di bom tersebut.



Ikan baronang menyukai arus yang tenang, maka dari itu ketika memancing ikan baronang pilihlah spot dengan arus yang tenang, misal di dermaga. Pilihlah spot dengan bebatuan atau yang ditumbuhi lumut, mengingat ikan baronang memakan lumut di alam dan kemungkinan besar ikan baronang akan berkumpul disana.


0 Response to "Tips Mancing Ikan Kiper"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *