Tips Mancing Ikan Baronang

Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas apa itu ikan baronang.  Kali ini saya kan berbgi tips mengenai cara mancing ikan baronang. Mancing ikan baronang sebenarnya gampang gampang susah. 

Lho kok gitu? Ikan baronang merupakan ikan pemakan segala atau omnivora akan jadi tidak terlalu bingung memilih umpan. Akan tetapi mancing ikan baronang mungkin tidak semudah yang kita bayangkan karena mulutnya yang kecil.

 Langsung saja Berikut ini merupakan tips mancing ikan baronang.


mancing ikan baronang
ikan baronang dan ikan kiper
Pertama kali yang saya akan bahas adalah peralatan keamanan dalam mancing ikan baronang. Saya sarankan untuk menggunakan kaos tangan atau kain lap saat memegang ikan baronang. Ikan baronang memiliki duri yang beracun.

 Jadi setidaknya dengan menggunakan kaos tangan memudahkan kita dalam memegang ikan baronang atau tidak licin sehingga mengurangi resiko terkena duri ikan baronang.

Sekarang lanjut ke joran yang digunakan untuk memancing ikan baronang. Sebenarnya tidak ada syarat khusus untuk joran yang digunakan. 

Akan tetapi untuk mendapat sensasi tarikan ikan baronang lebih baik menggunakan joran tegek dengan panjang tiga sampai enam meter. Joran tegek merupakan joran tipe teleskopik tanpa ring guide. Pilihlah joran tegek dengan ujung lentur dan ringan.

Untuk mancing ikan baronang gunakan kenur atau senar mono dengan ukuran kurang lebih 0.25mm.

 Anda dapat menggunakan matakail tipe garong. Selain lebih mudah mencap dimulut ikan baronang, mata kail tipe garong juga lebih mudah di lepas sehingga resiko terkena duri ikan baronang lebih kecil. Jika anda menggunakan mata kail single, gunakan mata kail berukuran kecil karena mulut ikan baronang kecil.

Cukup gunakan timah lipat dan pelampung kecil. Selain mudah dalam mendeteksi umpan dimakan ikan baronang, sensasi ketika menarik ikan baronang juga lebih terasa.

Untuk umpan ikan baronang tidak perlu bingung, karena ikan baronang pemakan segala dan cukup rakus. Anda dapat menggunakan lumut, undur undur, udang, cacing atau umpan belanak yang resepnya ada di blog ini. Jika menggunakan lumut, pilihlah lumut batu atau lumut yang berteksut halus. Jika menggunakan lumut bertekstur kasar anda dapat menambahkan garam sebelum digunakan untuk memancing.

Ikan baronang biasa hidup bergerombol begitu juga ketika mencari makan. Jadi  jika anda ingin mendapat ikan baronang dalam jumlah yang banyak anda dapat menyebarkan boom atau chumming. 

Anda dapat menyebarkan lumut sebelum memancing ikan baronang agar berkumpul. Anda juga bisa menggunakan bom ikan belanak yang resepnya da di blog ini juga.



Ikan baronang menyukai arus yang tenang, maka dari itu ketika memancing ikan baronang pilihlah spot dengan arus yang tenang, misal di dermaga. 

Pilihlah spot dengan bebatuan atau yang ditumbuhi lumut, mengingat ikan baronang memakan lumut di alam dan kemungkinan besar ikan baronang akan berkumpul disana.

0 Response to "Tips Mancing Ikan Baronang"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *