Resep Racikan Umpan Mancing dari Tempe


 
Tempe merupakan makanan yag murah, enak dan bergizi. Taukah anda tempe juga bisa di jadikan umpan mancing yang ampuh? Ya tempe dapat di racik menjadi umpan berbagai jenis ikan di sungai maupun rawa. Tempe juga bisa dijadikan umpan mancing di kolam.

Resep Racikan Umpan Mancing dari Tempe
sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Sliced_tempeh.jpg
Beberapa jenis ikan yang dapat di pancing menggunakan tempe antara lain, ikan wader atau juga di sebut lunjar, wader pari, ikan derbang, ikan beles, ikan kepek, ikan nilem atau melem, ikan lukas, ikan sepat, ikan bader, keting atau kating, ikan luthok dan masih banyak lagi. Bahkan tempe dapat dijadikan umpan jitu untuk mancing ikan mas dan ikan bawal. Anda bisa menambahkan di kolom komentar :D


Umpan dari tempe sendiri dapat digunakan di segala kondisi air, mulai dari air bening , hijau maupun air keruh. Tentunya hal itu bergantung dari jenis ikan terget pancingan.

Langsung saja berikut ini merupakan umpan racikan dari tempe. Ada dua macam resep umpan tempe, yang pertama adalah dari tempe yang masih segar dan resep umpan dari tempe yang kedua terbuat dari bahan utama tempe busuk.

Resep Umpan Tempe Jitu

2 buah tempe
1 butir telur
2 siung bawang putih
1 sendok teh garam
Kroto secukupnya

Cara membuat umpan tempe jitu

Pertama tama lumat tempe sampai halus, dengan cara iris tempe tipis tipis lalu tumbuk hingga halus. semakin halus dan lembut tempe semakin bagus umpan mancing yang dihasilkan. Tempe yang digunakan tempe yang berbungkus daun. Jika anda menggunakan tempe yang dibungkus plastik , anda dapat memperkirakan sendiri takaran tempenya. Oiya yang digunakan adalah tempe mentah, bukan goreng ya.

Setelah itu tumbuk bawang putih dan garam sampai halus. Kemudian masukan kuning telur bebek hingga rata. Lalu masukan tempe sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata.
Sebenarnya umpan dari tempe diatas sudah jadi dan cukup ditambahkan air secukupnya untuk mengatur tekstur umpan. Umpan dari tempe diatas sudah dapat digunakan untuk mancing ikan nilem, wader, beles, bawal, lukas dan lain lain di segala kondisi air dan cuaca.

Akan tetapi untuk umpan ikan mas, akan lebih ampuh jika umpan tempe diatas di tambahkan kroto. Kroto dapat dapat ditambahkan dengan cara di campur dengan umpan tempe sampai rata. Janda juga bisam menambahkan kroto secara langsung ketika akan digunakan sebagai umpan tanpa harus lumat terlebih dahulu. Selamat mencoba.

Umpan mancing di atas tentunya dapat dijadikan umpan mancing ikan mas murah.


Resep Umpan Tempe Busuk

2 buah tempe busuk
Tepung terigu secukupnya
1 butir telur

Cara membuat umpan dari tempe busuk

Pertama, lumatkan tempe busuk hingga halus. Tempe yang sudah benar benar busuk lebih bagus untuk di buat umpan.
Yang kedua campurkan kuning telur bebek, anda dapat menggantiinya dengan telur ayam jika tidak ada.

Selanjutnya campurkan tepung terigu sedikit demi sedikit hingga mencapai tekstur yang diinginkan dan umpan dari tempe busuk sudah siap untuk digunakan.


Umpan dari tempe busuk dapat digunakan sebagai umpan lele, luthok atau kating dan juga bawal. Umpan dari tempe busuk sangat cocok dijadikan umpan saat air sedang keruh. Selamat mencoba.

3 Responses to "Resep Racikan Umpan Mancing dari Tempe"

  1. mantaf, makasih mas infonya. gimana kalau cuma pakai tempe saja? gamake apa2

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa saja mas. Tempe goreng pun bisa. Selamat mencoba :D

      Delete
    2. namabahin aja.. sebenarnya gpa" gan tempe doank.. cm kalo bahan tambahan ex : tepung, telur itu sebagai perekat.. jd umpan ga gampang hancur/ambyar di air

      Delete

Contact Us

Name

Email *

Message *