Mengapa Ikan Tidak Mau Makan Umpan?



Mungkin anda pernah memancing, ikan terlihat besar besar mengambang atau mondar mandir kesana kemari dan tidak mau makan umpan? Hal itu tentunya sangat menguji kesabaran para pemancing. Ada beberapa faktor penyebab ikan tidak mau makan, dan hal tersebut akan di bahas di artikel ini.


Mengapa Ikan Tidak Mau Makan Umpan?
Mengapa Ikan Tidak Mau Makan Umpan?

Umpan

Faktor penyebab ikan tidak mau makan yang pertama adalah umpan. Umpan sangat menentukan hasil pancingan kita. Pastikan umpan yang anda gunakan tepat. Misalnya ya jangan mancing ikan gabus pake umpan lumut.

Beberapa jenis ikan memang selera makanya sering berubah. Anda dapat mengatasi dengan membawa beberapa jenis umpan. Misalnya mancing ikan bawal, banyak pemancing bawal, terutama memancing dikolam membawa umpan lebih dari satu jenis.

Kondisi Air

Kondisi air juga sangat mempengaruhi nafsu makan ikan. Biasanya jika aliran sungai ada yang di racun atau ada orang menangkap ikan dengan menggunakan apotas, ikan di sepanjang aliran sungai tersebut juga tidak akan mau makan, meskipun terlihat sehat. Maka dari itu jangan pernah gunakan racun untuk mencari ikan.

Kondisi air juga harus kita pertimbangkan dalam pemilihan umpan. Biasana jika menggunakan umpan racikan, para pemancing menambahkan takaran essen atau bahan yang memiliki aroma menyengat untuk memancing di air keruh.

Ada juga ikan yang hanya mau makan pada kondisi air tertentu, misal ikan sidat yang hanya galak pada saata air keruh dan pada saat air jernih sulit untuk di pancing. Ikan mangar yang kadang tidak mau makan saat air jernih dan susah di pancing saat air keruh, akan tetapi sangat galak ketika air berwarna seperti air cucian beras/ ngleri atau lemondo.

Arus air juga sangat mempengaruhi nafsu makan dan cara makan ikan. sesuaikan teknik memancing dan umpan yang anda gunakan sesuai dengan arus sungai. contohnya ikan hampa yang sangat sulit di casting di air yang dalam dan berarus tenang. Maka dari itu pilihlah spot yang berarus ketika ingin casting ikan hampala.

Waktu Memancing

Waktu memancing juga sangat mempengaruhi dalam memancing ikan. Hal yang harus di perhatikan yang berkaitan dengan waktu memancing ikan antaralain waktu matahari terbit dan terbenam dan jam pasang naik dan jam pasang surut.

Silahkan sesuaikan waktu memancing anda sesuai jenis ikan target anda. Tentunya tiap ikan target berbeda beda, beberapa jenis ikan air tawar , muara maupun laut sudah dibahas secara spesifik di blog ini. Di sana mungkin anda juga akan menemukan alasan yang spesifik mengapa ikan tidak mau makan umpan.

Beberapa jenis ikan ada yang efektif di pancing malam hari sperti ikan mangar, belut, sidat, surung, dll. Ada juga yang ikan hanya galak di siang hari seperti kan gatho, ikan belanak, dll

Intensitas Cahaya

Selain itu, intensitas cahaya juga menjadi hal yang menyebabkan ikan tidak mau makan. Baik cahaya dari matahari, bulan maupun lampu akan mempengaruhi nafsu makan ikan. Ikan sidat akan galak ketika spot sangat gelap, sebaliknya ikan belanak dan gatho susah di pancing ketika spot sangat gelap.  

Jadi perhatikan waktu anda memancing bulan bersinar terang/bulan purnama atau tidak. Mendung yang menghalangi cahaya matahari juga sangat mempengaruhi nafsu makan ikan lho. Saat cahaya matahrii redup baik karena mendung, tertutup dedaunan atau matahari akan terbit dan terbenam sangat cocok untuk menggunakan teknik casting. Begitu juga sebaliknya, kurang efektif casting saat matahari bersinar terang untuk casting ikan permukaan. Mungkin saja ikan berenang menjauh atau mengacuhkan umpan dan tidak mau makan.


baca:



Ikan Sensitif

Beberapa jenis ikan memang sensitif terutama dengan alat dan teknik yang kita gunakan terutama denga warna dan ukuran senar yang kita gunakan. Tips dalam memilih senar yang akan anda gunakan untuk memancing terutama untuk bagian leader yakni pilihlah senar yang berwarna setransparan mungkin dan sekecil mungkin asal cukup kuat untuk menghadapi perlawanan ikan.

Ikan bojor, ikan wader, ikan nilem, ikan tombro dan ikan bawal merupakan contoh ikan yang sangat sensitif terhadap warna dan ukuran senar yang kita gunakan.

Ikan juga terkadang merasa terganggu oleh kehadiran kita, sehingga menjadi tidak selera makan atau takut. Misalnya ikan gabus, sering kali harus ditinggal sembunyi atau menjauh dari spot agar ikan mau makan.

Kali ini hanya itu saja yang bisa saya bagikan, jika anda tambahan silahkan kirim dengan cara klik disini atau melalui kolom komentar, dan akan saya pertimbangkan untuk menulis di artikel berikutnya.


dan silahkan pertimbangkan beberapa faktor di atas untuk mengatasi ikan yang tidak mau makan dan yang mondar mandir seolah meledek kita.hehe
b

0 Response to "Mengapa Ikan Tidak Mau Makan Umpan?"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *