Mancing Giant Trevally dari Pinggir Laut (pasiran)



Belum lama ini ada yang bertanya di salah satu grup mancing yang saya ikuti, apakah ikan giant Trevally bisa di pancing dari pinggir laut atau pantai? Dengan kata lain apakah bisa mancing pasiran mendapatkan ikan giant Trevally? Jawabanya BISA. Berikut ini penjelasanya serta cara mancing ikan giant Trevally dari pantai atau pasiran. 

Biasanya Ikan GT menjadi  target mancing pmancing karangan atau para pemancing yang menggunakan kapal ketengah laut. 

Ikan GT merupakan salah satu predator penghuni lautan yang menjadi salah satu incaran utama para pemancing tak terkecuali pemancing pasiran, tarikan ikan ini memang tidak bisa dipungkiri lagi dan tidak diragukan. Bisa di pastikan pantai penuh dengan para pemancing pasiran jika musim ikan GT tiba.

mancing gt dari pinggir pantai


Ikan GT juga sering di sebut GT. Tetapi di kalangan pemancing pasiran ikan GT lebih sering di sebut ikan caru. Ada juga yang menyebut ikan GT dengan nama ikan lawis. Tetapi nama Caru lebih familiar di telinga para pasiraner.

Untuk memancing ikan caru memang harus menggunakan perlatan yang mumpuni, karena ikan ini akan terus berenang menjauh dari tepi pantai ketika menyambar umpan. Apa lagi ikan GT yang berbobot puluhan kilogram. Ya silahkan anda bayangkan sendiri gimana rasanya menghadapi perlawanan ikan caru.

Senar untuk memancing ikan GT memang harus kuat, biasanya pemancing pasiran menggunakan senar dengan ukuran diatas 0.40mm. Di artikel saya yang berjudul  Tips dan trik Mancing Pasiran memang menyarankan untuk tidak menggunakan braided line atau senar PE untuk memancing pasiran atau surf fishing yang alasanya dapat anda baca di artikel tersebut. Dan saya sarankan anda untuk membaca artikel tersebut sebelum memancing pasiran. Tetapi untuk memancing ikan GT silahkan gunakan senar PE. Mengingat tarikan ikan Caru yang sangat kuat.

Untuk leader gunakan monoline dengan ukuran diatas 0.50 mm. Biasanya saya menggunakan senar dengan ukuran 0.70mm. Ada juga yang menggunakan monoline dengan ukuran 0.90 mm bahkan lebih besar. Mengingat bukan hanya giginya yang tajam, Ekor ikan GT juga sangat tajam dan seringkali menyebabkan senar putus. Berilah pengaman dengan neklin 10-15 cm pada kail, hal ini untuk mengatasi gigi ikan GT yang tajam.

Untuk joran sendiri memang disarankan untuk menggunakan joran yang kaku atau heavy. Joran pasiran yang kaku dan panjang membantu kita saat meladeni perlawanan ikanGT. Joran yang panjang juga membantu anda untuk melempar umpan dengan jauh. Tetapi ada juga yang tidak menggunakan joran. Biasanya pemancing lokal yang menggunakan tehnik tanpa joran tersebut.

Reel untuk memancing ikan GT juga disarankan rell yang kuat, biasanya sudah metal body  atau bahan utama penyusun reel adalah metal. Tetapi jika anda tidak menggunakan joran atau menggunakan tehnik handline  anda cukup menggunakan penggulung sebar biasa atau dapat juga menggunakan ember berukuran sedang.

Untuk umpan saya sarankan menggunakan ikan, walau ikan GT juga mau memakan undur undur atau udang. Tetapi umpan ikan lebih menarik perhatian ikan GT. Anda dapat menggunakan ikan air tawar atau ikan laut.


Pilihlah spt pasiran yang memiliki lebeng yang dalam dan tembus. Ya mengingat ukuran ikan yang besar, maka diperlukan juga  laut yang dalam untuk berenang. Selain itu usahakan lempar umpan sejauh mungkin. Dan jiak umpan terseret arus menjauh, biarkan saja dan terus keluarkan senar dari spool agar umpan menjauh ke tengah laut.










0 Response to "Mancing Giant Trevally dari Pinggir Laut (pasiran)"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *