Jenis Ikan Berbahaya - Para Pemancing Harus Hati Hati

pada artikel yang saya tulis kali ini saya akan membahas tentang ikan berbahaya, tentunya jenis ikan berbahay yang saya tulis merupakan jenis ikan yang sering dijumpai oleh para pemancing. Jika artikel tentang ikan berbahaya ini bermanfaat silahkan share artikel ini ke social media anda.
Jenis Ikan Berbahaya - Para Pemancing Harus Hati Hati
Add captionJenis Ikan Berbahaya - Para Pemancing Harus Hati Hati

Langsung saja berikut ini jenis jenis ikan berbahaya yang sering ditemui pemancing.

Ikan pari




Stingray atau di Indonesia di kenal dengan nama ikan pari atau ikan P merupakan salah satu jenis ikan berbahaya dan ikan mematikan. Ikan pari memiliki bisa atau racun yang mematikan yang terdapat pada sengat atau patil.

Ikan pari memiliki banyak jenis dan letak sengat pada tiap jenis ikan pari  berbeda beda, akan tetapi pada umumnya sengat salah satu jenis ikan berbahaya ini terletak pada ekornya.

Meskipun berbaya ikan Pari merupakan salah satu ikan target para pemancing, karena ikan ini memiliki rasa yang sangat enak. Butuh keahlian dan cara khusus untuk memasak ikan pari. Ketika mendapat ikan pari harus berhati hati dan lebih baik di buang sengatnya, biasanya saya langsung memotong ekor ikan pari.

Ikan Pari manta merupan jenis ikan pari yang di lindungi. Maka jangan pernah menangkap ikan ini dan mari kita jaga kelestarianya.

Ikan Kadalan/ Tekekan







Ikan kadalan atau Tekekan merupakan salah satu jenis ikan laut, dan sering kali memakan umpan para pemancing pasiran. Tak jarang ikan tekekan juga ikut tersapu ombak di pinggir pantai. Ikan berbahaya ini merupakan ikan yang sangat rakus jadi segala jenis umpan para pemancing pasiran akan di makan. Ikan tekekan juga dapat di pancing dengan teknik casting.

Ikan tekekan tidak memiliki racun, akan tetapi memiliki patil yang sangat tajam pada siripnya. Seringkali tangan tau tau keluar darah setelah memegang ikan berbahaya ini. Karena senjatanya yang sangat tajam sehingga tidak terasa jika terkena tangan. Meskipun demikian, ikan tekekan memiliki rasa yang enak .




Ikan Sembilang dan Ikan Luthok





Ikan sembilang dan ikan luthok merupakakan ikan laut yang mirip dengan ikan lele. Ikan sembilang dan luthok seringkali memasuki kawasan muara sungai, sedangkan ikan luthok atau ikan keting juga memiliki jenis yang hidup di air tawar atau sungai. Ikan berbahaya ini memiliki 3 patil yang terdapat pada kedua siripnya dan di punggung.

Racun ikan sembilang sukup berbahaya. Jika terkena patil ikan sembilang akan sangat sakit, susah tidur bahkan kejang kejang. Akan tetapi biasanya akan hilang setelah satu hari. Walau hanya bertahan satu hari, jika terkena racun ikan sembilang harus segera di obati karena rasanya sangat sakit.

Ikan luthok yang juga merupakan ikan target pemancing yang memiliki patil yang tajam dan bergerigi. Sangat sakit jika terkena patil ikan luthok, bahkan hanya tersenggol sedikit saja cukup menyakitkan. Maka hati hati jika memegang ikan berbahaya ini.



 Rabbitfishes

Rabbitfish di Indonesia dikenal dengan nama ikan baronang . Ikan berbahaya satu ini merupakan salah satu ikan target pemancing di muara sungai. Ketika memancing ikan baronang harus sangat hati hati ketika memegang ikan berbahaya ini, jangan sampai tertusuk oleh duri ikan baronang.  Gunakan kain tebal saat memegang ikan baronang, agar tidak licin serta dapat mengurangi resiko tertancap duri. Duri ikan berbahaya jenis ini terdapat pada siripnya dan terdapat racun yang berbahaya. Racun ikan baronang akan menimbulkan rasa sakit yang dapat bertahan selama berhari hari.



Ikan Kiper

Sama dengan ikan baronang, ikan kiper juga berbahaya karena memiliki racun pada duri pada siripnya. Karakter ikan kiper mirip dengan ikan baronang, jadi jika mancing ikan kiper kemungkinan besar juga dapat ikan baronang.




Ikan Alligator


Ikan alligator sebenarnya merupakan ikan hias yang berasal dari Amerika. Akan tetapi kini ikan alligator menyebar di Indonesia dan juga menjadi ikan hama, di mana ikan alligator memangsa ikan ikan lokal. Ikan alligator merupakan ikan predator yang sangat rakus dan dapat tumbuh besar dengan cepat. Ikan ini berbahaya karena, ikan alligator berukuran besar dapat menyerang manusia. Ikan alligator memiliki moncong yang mirip dengan buaya dan bergigi tajam


Pufferfishes


Pufferfishes yang lebih di kenal dengan nama ikan buntal di Indonesia merupakan salah satu jenis ikan berbahaya dan mematikan. Ikan buntal memiliki banyak jenis dan semuanya berbahya. Ikan buntal hidup di perairan air asin atau laut akan tetapi ikan berbahya ini seringkali masuk ke kawasan air payau atau muara sungai.

Ikan yang berbentuk lucu dan populer karena dapat menggembungkan badan ini merupakan ikan yang sangat rakus. Hampir semua jenis umpan akan di lahap oleh ikan buntal. Ikan buntal memiliki gigi yang sangat tajam yang dapat dengan mudah memutus senar para anda. Hati hati ketika memegang ikan buntal, giginya yang tajam dapat dengan mudah melukai tangan anda.

Akan tetapi yang paling berbahaya dari ikan buntal bukan giginya, melainkan kandungan racun yang terdapat pada ikan buntal. Walau ada yang dapat memasak ikan buntal, saya sarankan jangan pernah sekali kali mencoba untuk memasak atau mengkonsumsi ikan buntal karena racun yang terdapat pada satu ikan buntal dapat membunuh puluhan orang.

Racun ikan buntal paling banyak terdapat pada organ organ dalam seperti empedu dan pada kulit ikan buntal. Beberpa jenis ikan buntal juga memiliki racun pada duri dan giginya, jadi saya saran jika mendapat ikan buntal ketika memancing jangan di pegang. Langsung dibuang saja ketika mendapat jenis ikan berbahaya ini.


Moray Eels

 Moray eels atau belut laut memiliki banyak jenis dan banyak di jumpai di perairan Indonesia. Doleh para pemancing belut laut lebih di kenal dengan nama oleng oleng atau sidat jaran. Ikan berbahaya ini seringkali memakan umpan para pemancing karangan/rockfishing  atau pemancing di kawasan muara.

Ketika memakan umpan, sering kali pancing hanya bergerak sedikit bahkan terkadang tidak terasa kalau umpan di lahap oleh ikan berbahaya satu ini. Ketika pancing diangkat rasanya hanya seperti tersangkut. Sidat jaran merupakan ikan predator jadi biasanya akan memakan umpan para pemancing yang menggunakan ikan atau udang.

Sidat jaran akan melilit senar anda, dan akan sangat sulit untuk melepas kail, karena sangat jarang kail tersangkut pada mulut ikan berbahaya ini, melainkan kail akan ikut tertelan. Ikan ini berbahaya karena memiliki gigi yang sangat tajam, maka hati hati ketika memegang sidat jaran. Sebisa mungkin hindari bersentuhan langsung dengan sidat jaran.



Ubur ubur


Ubur ubur atau juga di kenal dengan nama jellyfish  ini memang bukan salah satu jenis ikan target para pemancing. Akan tetapi ubur ubur dapat ditemui diseluruh perairan laut yang juga merupakan spot memancing. Mungkin anda belum pernah melihat ubur ubur secara langsung dan mungkin lebih sering melihatnya di acara tv , spongebob :D.  

Terdapat banyak jenis ubur ubur, jadi ubur ubur tidak hanya berwarna merah muda seperti ubur ubur pada acara spongebob. Ubur ubur seringkali terbawa arus ke pinggir pantai, hal ini sangat membahayakan nelayan, pemancing maupun wisatawan. Banya ubur ubur yang berwarna bening transparan sehingga tidak terlihat. Sengat pada tentakel ubur ubur dapat menyebabkan gatal, rasa sakit dan bahkan kelumpuhan.




Yang perlu diingat adalah , ubur ubur masih berbahaya walau sudah mati. Jadi jangan coba coba untuk memegang ubur ubur secara lansung. Jika ubur ubur tersangkut pada kail, lebih baik senar di putus saja.

1 Response to "Jenis Ikan Berbahaya - Para Pemancing Harus Hati Hati"

  1. Harus bawa peralatan lengkap nih contoh nya p3k harus ada .. Menghindari resiko

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *