Cara dan Umpan Mancing Ikan Sapu Sapu


Ikan sapu sapu atau juga di sebut ikan bandaraya lebih dikenal sebagai ikan hias dari pada ikan konsumsi. Maka biasanya para pemancing mancing ikan sapu sapu lebih sering di jualke toko ikan hias atau di jadikan hiasan aquarium dirumah, jarang ada yang mengkonsumsinya.


Cara dan Umpan Mancing Ikan Sapu Sapu
https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Plecostomus_700.jpg

Sebenarnya daging sapu sapu enak dan tidak beracun, akan tetapi ikan sapu sapu biasanya menyukai habitat air yang berlumpur, keruh dan kotor. Jadi jika air tersebut terkontaminasi zat berbahaya, misalnya limbah pabrik, ikan sapu sapu juga akan mengandung zat tersebut. Di mana ikan sapu sapu merupakan ikan pemakan segala atau omnivora. Sehingga tidak perlu pusing memilih umpan mancing sapu sapu.

Ada juga yang tidak mengkonsumsi ikan sapu sapu karena melihat bentuknya, dengan sisik yang keras dan mirip robot.

Ikan sapu sapu dapat tumbuh besar hingga memiliki panjang 50 cm, tetapi yang dapat kita temui di sungai umumnya hanya sampai 30cm saja. Jika anda belum mengetahui bentuk ikan sapu sapu anda bisa melihat pada gambar atau pergi ke toko ikan hias. Hampir semua toko ikan hias menjual ikan sapu sapu atau juga dii kenal dengan ikan cleaning service karena ikan sapu sapu di anggap sebagai pembersih aquarium.

Mancing ikan sapu sapu cukup mengasikan, gunakan peralatan standar mancing disungai atau gunakan pancing yang biasa anda gunakan mancing di sungai saja. Cukup gunakan mata kail no 2-4 dan timah pemberat atau tanpa pelampung/kambangan. Ikan sapu sapu biasanya hidup di dasar sungai jadi gunakan teknik dasaran/glosor.

Umpan mancing sapu sapu sangat beragam, mengingat ikan sapu sapu merupakan ikan pemakan segala. Anda bisa menggunakan cacing, lumut, sulur atau umpan lainya. Bahkan racikan umpan ikan mas dan ikan belanak bisa anda gunakan sebagai umpan mancing sapu sapu. Di blog ini terdapat banyak resep racikan umpan yang bisa anda coba.


Ada sedikit trik khusus dalam mengolah umpan mancing ikan sapu sapu. Jika anda menggunakan lumut, pilihlah lumut kasar dan berilah garam. Diamkan beberapa saat hingga membusuk dan mengeluarkan aroma yang akan menarik perhatian ikan sapu sapu. Kenapa lumut kasar? Karena kalau lumut halus dan di biarkan membusuk akan susah di pasang. Jika lumut susah di pasang, anda dapat memasang lumut dengan mencampurkanya dengan kapas.

Jika anda mengggunakan umpan sulur, anda dapat menambahkan penyedap rasa satu bungkus, merknya bebas. Begitu juga jika anda menggunakan resep umpan ikan lainya. Aroma penyedap rasa akan memanggil ikan sapu sapu untuk berkumpul.
Yang terpenting, pilihlah spot sapu sapu yang bersih dan tidak terdapat limbah. Memang ikan sapu sapu di air keruh lebih mudah di pancing. Jika anda mancing ikan sapu sapu di air keruh, pastikan air keruh tersebut keruh karena tanah atau habis banjir, bukan keruh karena limbah pabrik.

Jika ikan sapu sapu tidak mau makan, biasanya masalahnya bukan pada umpan, akan tetapi waktu memancing yang kurang pas. Ikan sapu sapu terlihat besar besar dan tidak mau makan adalah hal yang biasa, terutama jika anda mancing di siang hari dan air sungai jernih. Cobalah mancing ikan sapu sapu di malam hari, mengingat ikan sapu sapu merupakan jeis ikan yang aktif mencari makan di malam hari.


Selamat mancing ikan sapu sapu dan semoga mendapat banyak ikan.


0 Response to "Cara dan Umpan Mancing Ikan Sapu Sapu"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *