Agar Senar tidak Keriting/Kusut

Senar adalah perlatan yang wajib ada dalam memancing. Senar kusut dan menyulitkan kita dalam memancing, terutama memancing di air tawar. Berikut ini merupakan beberapa faktor penyebab senar kusut atau keriting serta cara mengatasinya.


cara mengatasi senar keriting


Setiap merk senar atau kenur pancing memiliki kualitas yang berbeda. Bahkan Tiap merk memiliki beberapa seri yang berbeda pula kualitas serta karakter senar, menyesuaikan harga serta peruntukan senar itu sendiri.

Senar atau kenur pancing berharga murah tidak berarti senar itu mudah keriting. Saya tidak akan menyebut merk senar disini. Cobalah berkonsultasi ke penjual sebelum membeli senar. Ada beberapa merk senar dengan harga murah yang tidak mudah keriting.

Yang kedua adalah ring guide. Ring guide sangat berpengaruh terhadap senar, ring guide yang berkualitas rendah apalagi yang masih terbuat dari besi akan menyebabkan senar keriting atau kusut bahkan dapat merusak senar. Pastikan ring guide pancing anda sudah terbuat dari keramik. Jika masih terbuat dari besi, anda dapat menggantinya. Atau paling tidak ring guide di ujung joran sudah terbuat dari keramik atau tanduk.

Ring guide paling atas merupakan ring guide yang paling berpengaruh terhadap kualitas senar. Jadi jika anda membeli joran harga murahsetidaknya ring guid paling atas diganti ya bagus. Ring guide dari tanduk hewan juga bagus untuk senar mono. Atau gunakan ring guide paling ujung menggunakan ring guide dengan kualitas baik.

Selanjutnya adalah line roller pada reel. Line roller yang berputarnya sudah tidak lancar apalagi kalau sudah macet maka akan menyebabkan senar kusut atau keriting. Hal ini yang jaran disadari pemancing.. Terutama untuk rell dengan harga di bawah satu juta rupiah, umumnya line roller terbuat dari bahan metal. Ketika macet, senar akan mudah kusut. Coba cek line roller reel pancing anda sebelum berangkat memancing, apakah masih dapat berputar dengan lancar atau malah macet. 


Gesekan senar atau kenur pancing dengan benda lain sering terjadi dan juga susah dihindari. Gesekan dengan sampah, batu saat memancing adalah hal biasa ketika memancing alam liar. Hal ini sangat berpengaruh terhadap senar, senar pancing dapat menjadi keriting seketika. Jalan keluarnya ya dengan menghindari spot memancing yang penuh dengan sampah.

Gunakan swivel pada rangakaian pancing anda. Aliran sungai yang berarus deras atau deburan ombak akan membuat umpan berputar putar sehingga senar akan mengelinting dan akhirnya senar akan kusut atau keriting. Gunakan swivel minimal pada sambungan senar pada pemberat. Dengan swivel, walau umpan berputar senar tidak akan ikut keriting karena senar juga akan ikut berputar mengikuti umpan dengan lancar.

Selain mengatasi umpan yang berputar, swivel juga dapat mengatasi senar kusut karena perlawanan ikan, misalnya ikan sidat jaran. Sidat jaran akan berputar putar dan melilit senar. Hal ini akan menyebabkan senar kusut atau keriting, Bahkan dapat rusak. Swivel akan mengurangi efek senar keriting atau kusut karena faktor tersebut.

Lalu apa yang harus dilakukan kalau senar sudah terlanjur keriting atau kusut? Ya di buang. Senar yang keriting atau sudah kusut biasanya kualitasnya sudah menurun. Mungkin beberapa senar dapat diluruskan dengan ditarik, akan tetapi biasanya tingkat elastisitas senar akan menurun secara drastis begitu juga dengan kekuatan senar itu sendiri. Ya jadi lebih baik di putus dari pada terputus saat menghadapi kekuatan ikan.



3 Responses to "Agar Senar tidak Keriting/Kusut"

  1. wah,, ini baru tips yang bermanfaat,,

    ReplyDelete
  2. Bagus .. kalau arus sungai musi deras/berputar tali murah jg ok, kasih aja manik2 kecil 5-7 biji di atas pemberat & bawah swivel gak kusut lagi

    ReplyDelete
  3. Bagus .. kalau arus sungai musi deras/berputar tali murah jg ok, kasih aja manik2 kecil 5-7 biji di atas pemberat & bawah swivel gak kusut lagi

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *