Tips Memancing Ikan Wader

Kali ini saya akan berbagi tips dan trik memancing ikan wader beserta rahasia racikan umpan . Ikan wader memiliki banyak jenis diantaranya wader pari(lunjar padi), kepek, derbang, lukas, nilem/ melem, pantau, goyor, bader, tawes dan lain lain. kita dapat menjumpai ikan ini di danau maupun di aliran sungai,


wader pari(lunjar padi), kepek, derbang, lukas, nilem/ melem, pantau, goyor, bader, tawes, tombro, hampala
ikan wader


Walaupun ikan wader relatif berukuran kecil, tetapi ikan ini memiliki sensasi tersendiri ketika di pancing. Apalagi kalau sedang musim dan dipancing dengan alat yang pas serta umpan yang ampuh, kemungkinan plung nyot  pun sangat besar. Ikan ini juga biasa hidup bergerombol. 

Langsung saja kita mulai dari alat. Untuk memancing ikan wader lebih efektif menggunakan tegek dengan ujung yang lentur (entul). Untuk panjangnya disesuaikan dengan spot. Untuk penggunaan reel juga disesuaikan dengan spot, sebisa mungkin tidak perlu menggunakan reel. 

Reel yang digunakan untuk mancing wader biasanya reel mini dengan ukuran 200 sampai 500. Sekarang juga sudah banyak dijual reel kecil khusus tegek.

Selanjutnya gunakan senar yang super tipis yaitu dengan ukuran dibawah 0,12. Ikan wader sangat sensitif dan pemalu sekali dengan ukuran senar, apalagi ketika kondisi air sangat jernih. Ikan ini akan takut ketika melihat senar. Pilihlah senar yang tidak mudah kusut atau keriting. Untuk pelampung/ kambangan gunakan ukuran yang kecil. Selain itu pemilihan warna senar juga sangat penting. Semakin transparan warna senar semakin besar kemungkinan strike  banyak ikan wader.

Pemilihan jenis kail juga penting. Memang setiap pemancing wader memiliki merk mata kail/ patis andalan tersendiri. Pililah kail yang tajam. Ketajaman kail sangat penting untuk memancing ikan wader. Gunakan kail dengan ukuran dibawah 2. semakin kecil ikan wader semakin kecil juga ukuran kailnya. Pilihlah kail dengan warna putih atau emas, hindari kail dengan warna hitam atau biru. Pantulan cahaya dari kail akan menarik perhatian ikan untuk mendekat.

baca :
Resep Umpan ikan Nilem/ Melem
Tips Mancing Derbang/ Wader Abang

Berikut racikan umpan ikan wader. Sediakan satu buah kuning telur. Untuk jenis telur yang digunakan bebas, bisa telur bebek atau telur ayam. Selanjutnya sediakan roti crackers rasa keju. 

Haluskan roti crackers rasa keju secukupnya. Lalu tambahkan kuning telur dan aduk sampai rata. Jika tekstur terlalu encer anda dapat menambahkan roti crackers rasa keju secukupnya. begitupula jika tekstur terlalu pekat anda dapat menmbahkan kuning telur atau air.

Untuk racikan umpan lainya tunggu postingan selanjutnya :D




1 Response to "Tips Memancing Ikan Wader"

  1. hehee,, ni ikan sering sekali dipancing anak anak desa di belakang rumah ane gan

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *