Mancing Di Laut/Pasiran Malam Hari



Bagi para mancing mania, memancing malam memiliki kearsipan tersendiri. Selain ikan ikan tertentu efektif di pancing ketika malam hari, memancing malam hari juga menjadi alternatif bagi pemancing yang ingin menghindari sengatan matahari. Dalam postingan ini saya akan bermabagi tips trik serta cara memancing malam hari di laut / pasiran malam hari.


tips trik serta cara memancing malam hari di laut / pasiran malam hari.

Memancing di laut atau pasiran memang menjadi salah satu alternatif utama bagi pemancing yang suka memancing di malam hari. Kenapa? Karena di laut jarang ditemui ular berbisa seperti ular elang dan kobra. Walaupun ular laut memang memiliki bisa mematikan tetapi sangat jarang  ditemui terutama di pesisir pantai Yogyakarta. Selain itu banyak jenis ikan yang aktif di malam hari, seperti bojor, tombol, ikan pari, urung, luthok/kaing/leting, kerapu, aron dan masih banyak lagi. Selain berpotensi mendapat lebih banyak ikan, ikan yang didapat di malam hari umumnya lebih besar. Walaupun ikan Gatho memang sangat susah di pancing di malam hari.

Ikan sangat sensitif terhadap cahaya. Memang beberapa jenis ikan akan datang ketika melihat cahaya. Akan tetapi umumnya ikan akan kaget ketika tiba tiba melihat cahaya. Bawalah senter yang terang ketika memancing, tetapi gunakan senter seminim mungkin. Usahakan tidak mengarahkan cahaya senter ke air. Ini sangat penting. Apalagi ketika banyak yang sedang memancing di pantai, diharap tidak mengarahkan senter ke laut.

Jika anda belum terbiasa memancing di malam hari, biasanya belum bisa mengetahui posisi pemberat ketika menggulung senar. Apakah masih jauh atau kak sudah dekat. Ya ini sangat berbahaya, jika terlalu cepat menggulung, pemberat / timbel bisa terlempar karah pemancing. Untuk mengatasinya pasang Lay fosfor berukuran kecil tepat di atas pemberat.

Alangkah baiknya untuk melakukan survei lokasi di sore hari. Untuk menentukan posisi pot dan keadaan ombak. Selain itu letakkan barang bawaan jauh dari bibir pantai agar tidak terkena ombak. Jangan lupa bawa obat Batan dan gumam sepatu bot. Karena di laut terkadang banyak sampah, terutama ketika musim hujan.


Gunakan senar yang sedikit lebih besar dibanding senar yang anda gunakan di siang hari. Misalnya di siang hari menggunakan 0.25 anda dapat menggunakan senar 0.28 di malam hari. Memancing di malam hari memang memiliki kesulitan tersendiri ketika menghajar ikan karena penerangan yang sangat terbatas. 

0 Response to "Mancing Di Laut/Pasiran Malam Hari"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *