Cara Mancing Ikan Bawal



Ikan bawal merupakan salah satu ikan air tawar yang populer di kalangan pemancing. Untuk memancing ikan bawal memang dibutuhkan teknik khusus. Salah satu alasannya adalah untuk mengatasi gigi ikan bawal yang tajam. Selera makan yang mudah berganti membuat pemancing harus kreatif dalam memilih dan membuat racikan umpan ikan bawal yang jitu.


cara mancing ikan bawal
Mari kita mulai dari senar. Ikan bawal memiliki gigi yang tajam tetapi sensitif terhadap besar diameter dan warna senar. Menggunakan senar kecil resik putus amat besar. sedangkan jika menggunakan senar dengan diameter senar yang besar maka ikan tidak mau makan. Untuk itu gunakan senar dengan ukuran  di bawah 0.28 mm. Dan beri pengaman dengan menggunakan neklin sepanjang 1-2cm sebelum kail. Jangan lupa pilihlah senar dengan warna menyesuaikan warna air pada kolam.

Gunakan kail yang sangat tajam. Agar kail mudah menancap pada bibir ikan dan tidak tertelan. Jika tertelan kemungkinan senar putus sangat besar. Apa lagi yang tidak menggunakan neklin. Kekuatan kail harus tetap diperhitungkan terutama untuk memancing ikan bawal berukuran besar. mengingat ukuran ikan bawal bisa mencapai puluhan kilogram.


Pilihlah joran dengan karakter kaku atau Fast tapper. Bawal merupakan salah satu ikan air tawar dengan yang kuat dan petarung handal. Kekuatan tarikan ikan bawal sudah membuat kecanduan banyak pemancing ikan air tawar.

Umpan merupakan salah satu faktor yang membuat pusing para pemancing bawal. Dimana selera makan ikan bawal sangat mudah berubah. Nafsu makan ikan bawal dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti cuaca, keadaan air, dan makanan sehari hari itu sendiri. Maka dari itu biasanya pemancing bawal membawa lebih dari satu jenis umpan.


Ikan bawal berukuran sedang dan kecil cenderung berenang berkelompok. Jadi anda dapat menggunakan bom agar ikan berkumpul. Ingat bukan bom peledak yang dimaksud dalam artikel ini. Bom yang dimaksud adalah umpan yang ditebar agar ikan berkumpul di tempat yang kita inginkan.

Sedangkan ikan bawal berukuran besar cenderung hidup menetap di sarangnya.  Ikan bawal besar akan keluar untuk mencari makan, tetapi ia akan kembali ke sarangnya dan cenderung menetap.

2 Responses to "Cara Mancing Ikan Bawal"

  1. Wah artikel yang tepat sekali yang saya temukan, kebetulan saya ada kendala waktu memancing ikan ini. Teman-teman saya pada dapet, cuma saya yang gagal. Kayaknya bisa jadiin pedoman nih. terimakasih :D

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *