Cara Mancing Belut

Saat ini memang jarang yang memancing belut atau welut (Jawa). Ya karena memang populasinya menurun, banyak juga yang tidak mengetahui caranya. Dalam artikel ini saya akan berbagi cara memancing belut yang digunakan di sekitar tempat tinggal saya.

Siapa yang tidak tahu belut? belut termasuk jenis ikan bukan ya? hhe. Yang jelas belut memiliki ciri tubuh memanjang seprti ular dan badanya sangat licin,

tips trik cara rahasia memancing belut
belut
Belut biasanya hidup di persawahan atau sungai berlumpur. Belut hidup di dalam tanah dan akan aktif keluar mencari makan ketika malam hari. Lho berarti mancingnya hari malam hari? Jawabanya tidak. Malah jarang yang memancing belut di malam hari, tetapi banyak yang menangkap belut di malam hari atau dikenal dengan istilah nyuluh.

Terus bagaimana cara memancing belut? kan ikan ini aktif mencari makan di malam hari? Begini, belut biasanya tinggal di dalam lubang. Kita dapat menemukan lubang belut di persawahan, di pinggiran sumur sawah, pematang sawah atau di sungai yang berlumpur. Biasanya lubang berukuran sebesar jari. Ingat jangan pernah memasukkan jari anda ke dalam lubang.

Pancing belut memiliki ciri khas tersendiri, yakni biasanya pancing belut tidak memiliki joran dan senar atau kenur hanya diikat pada potongan kayu atau bambu kecil yang digunakan sebagai pegangan. Cara membuat pancing belut sangat mudah. Cukup pilin dua buah senar sepanjang 1 m lalu jangan lupa diberi kayu untuk pegangan. Gunakan kail on 4 atau 5.

Anda dapat menggunakan anak katak, cacing atau belalang sebagai umpan. jika anda belum bisa menentukan itu lubang belut atau bukan saya sarankan untuk menggunakan cacing saja. Jika menggunakan anak katak ada kemungkinan di makan ular jika lubang tersebut tempat tinggal ular. Tetapi  jika anda menemukan lubang di tepi sumur di persawahan yang tergenang air hampir dapat dipastikan lubang tersebut tempat tinggal belut atau ikan sidat.

Jika umpan sudah terpasang, masukkan umpan ke dalam lubang dengan memutar mutar senar pancing. Tidak usah terlalu dipaksakan, jika memang sudah mentok, cukup ditunggu saja sampai umpan tersebut dimakan. Jika anda memancing di pinggiran sumur, anda dapat memukul mukul air di sumur agar belut terbangun atau ketakutan. Sehingga belut menuju permukaan lubangnya.

Biasanya tidak perlu menunggu waktu lama. Jika kira kira tidak ada sentuhan atau tanda tanda dimakan umpan akan dimakan, silahkan mencari lubang lain. Biasanya air di lubang akan bergerak jika ada pergerakan belut didalamnya.

Waktu yang tepat mancing belut adalah setelah hujan deras, biasanya belut akan keluar mencari makan. Mancing di sore atau subuh juga sangat tepat untuk mancing belut di lubang, jika malam hari bisanya belut keluar sarang untuk mencari makan. sehingga kurang efektif untuk mancing belut di lubang atau sarangnya. Apalagi ketika air sedang keruh.

6 Responses to "Cara Mancing Belut"

  1. Belum pernah mancing belut gan hehehe... Tapi sempat terpikir bingung juga gimana cara mancing belut secara belut itu kan licin banget yach...
    Sehabis membaca tips manemancing belut dari blog agan ini, baru bisa membayangkan ternyata ga terlalu susah untuk bisa memancing belut..

    ReplyDelete
  2. Mksih gan, buat nambah wawasan :D

    ReplyDelete
  3. Makasih infonya min
    Btw, ane belum pernah mancing belut

    ReplyDelete
  4. Makasih infonya min
    Btw, ane belum pernah mancing belut

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *