Cara dan Umpan Mancing Ikan Nilem / Melem


cara mancing ikan nilemIkan melem atau ikan Melem ada juga yang menyebutnya ikan mangut merupakan salah satu jenis ikan wader yang tergolong besar. Berikut ini merupakan tips dan trik memancing ikan  melem beserta umpannya.


Ikan melem memiliki tarikan yang kuat dan sensasi yang unik. Sehingga para pemancing wader pun akan mengetahui bahwa ikan yang mereka dapat adalah ikan melem atau ikan nilem sebelum ikan tersebut terlihat. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak pemancing tergila gila dengan ikan ini. Soal rasa, rasa ikan melem tidak diragukan lagi.

Untuk memancing ikan melem teknik yang digunakan seperti teknik memancing ikan wader. Anda dapat menggunakan teknik dasaran, ombyok, pelampung maupun teknik nutul.


ikan derbang besar
ikan melem dan ikan derbang besar
Habitat ikan melem biasanya berada di kedung (bagian sungai yang dalam dan berair tenang) dan sungai yang dalam dan sedikit berarus. Jika memancing di kedung  atau danau anda dapat menggunakan teknik prasaran atau ombyo. Sedangkan jika anda memancing di sungai anda dapat menggunakan pelampunung / kambangan atau teknik nutul. Sungai Progo dan sungai Serang merupakan spot spot ikan melem yang potensial.

Ikan melem efektif dipancing setelah banjir, yaitu ketika air berwarna seperti air cucian beras atau ngeri. Saat air dalam keadaan tersebut, ikan melem lebih efektif dipancing menggunakan umpan alami.

Berikut ini umpan alami ikan melem

Ubi

Ubi bisa menjadi pilihan umpan utama untuk mancing ikan melem. Ubi yang paling baik adalah ubi madu. Cara menggunakannya adalah dengan merebus ubi madu setengah mata. Lalu potong kecil kecil seukuran kail.

Cacing

Pilihlah atau gunakan cacing merah. Cacing merah biasanya dapat kita jumpai di area persawahan. cacing sawah sangat disukai ikan melem dibanding jenis cacing lainya.

Lumut

Lumut yang disukai ikan melem adalah jenis lumut batu atau lumut halus. Ciri cirinya lumut tersebut adalah berwarna hijau dan halus dan dapat kita temukan di sungai sungai berbatu, biasanya banyak ditemukan di sungai sungai pegunungan.

spot ikan nilem yogyakarta
spot ikan melem

Kroto

Kroto atau telur semut rangrang memang menjadi umpan favorit untuk kebanyakan ikan air tawar bersisik, termasuk di antaranya ikan melem.






Laron

Hewan satu ini memang tidak dapat kita temukan sepanjang tahun. Jadi jika sedang musim laron segera sempatkan untuk memancing ikan melem. Umpan ini sangat killer.

Tolo /  larva lebah


Tolo atau larva lebah dapat diandalkan sebagai umpan memancing ikan melem. Tolo yang biasa dijadikan umpan adalah larva lebah madu.

0 Response to "Cara dan Umpan Mancing Ikan Nilem / Melem"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *