Tips Memancing Udang Galah Menggunakan Joran dan Rell










Udang galah biasanya bersembunyi di bebatuan, akar akaran, dan berada didasar sungai. Jika sungai terlalu dalam atau titik potensial terlalu jauh sehingga tidak dapat dijangkau dengan tegek, kita dapat menggunakan joran dan spining reel untuk mancing udang galah.

Biasanya teknik memancing udang galah menggunakan joran spinng dan reel diterapkan pada sungai sungai besar, dimana sungai memiliki kedalaman yang tidak dapat di jangkau menggunakan joran tegek. Udang galah sendiri cenderung berada di dasar sungai. Selain itu juga digunakan untuk memancing disungai yang bagian tepinya sangat dangkal dan bagian sungai terdalam berada di tengah sungai.

tips mancing udang galah
udang galah
tips mancing udang galahSelain itu, mancing udang galah menggunakan spining reel memungkinkan kita untuk dapat menggunakan 2 jenis rangkaian, yaitu rangkaian engkle dan rangkaian renteng. Tinggal pilih rangkaian mana yang lebih anda sukai. Dengan rangkaian renteng kita berpeluang untuk double strike, bahkan mendapat udang galah lebih dari dua sekali angkat.

Untuk mancing udang galah, anda dunakan joran dengan panjang 130-180 cm dengan ujung lentur. Sebenarnya joran lebih panjang tidak masalah, asalkan spot mendukung alias tidak ada pepohonan atau ranting yang menghalangi.

Gunakan rell spinning berukuran 200-2000 untuk mancing udang galah. Senar yang digunakan udang galah sebaiknya senar monoline dengan diameter 0.15-0.20mm. Untuk leader gunakan senar yang lebih besar, jika senar terlalu kecil maka akan mudah putus. Apalagi biasanya udagang galah mendiami spot berbatu atau penuh dengan sampah kayu dan akar di dasar sungai.

Disarankan memakai mata kail khusus udang galah atau tipe wormer dengan ukuran 2-4 ketika memancng udang galah. Mata kail terlalu kecil biasanya akan menyulitkan kita saat melepas mata kail dari udang galah. Gunakan timah pemberat 10 hingga 20 gram agar tidak terbawa arus sungai.

Untuk memancing udang galah umpan yang paling efektif afalah cacing merah. Tetapi cacing jenis lainya seperti cacing uret dan cacing fosfor juga dapat digunakan sebagai umpan mancing udang galah. Selain itu udang kupas juga mampu menggoda udang galah.

Seperti halnya memancing udang galah dengan menggunakan tegek, umpan dilempar ke titik potensial dimana udang galah bersembunyi. Ketika umpan dimakan ujung joran akan bergerak gerak atau senar pancing tiba tiba kendor. Setelah umpan di makan, tunggu beberapa saat, lalu tarik pelan pelan. Gulung reel secara konstan atau tetap.

Perlawanan udang tentunya akan memberikan sensasi yang mengesankan. Jika anda belum pernah mancing udang galah, saya sarankan untuk mencobanya. Sungai Serang di Kulon Progo, sungai Bogowonto dan beberapa sungai lainya di Purworejo merupakan spot spot mancing udang galah yang potensial. Yang perlu diingat adalah udang galah efektif di pancing ketika air keruh.

1 Response to "Tips Memancing Udang Galah Menggunakan Joran dan Rell"

  1. stik pancing udan cocok g buat msncing casting ultralight..?

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *