Tips Memancing Gatho di Pemecah Ombak Glagah dan Karangwuni




Kali ini saya akan membahas tips dan cara memancing gatho di pemecah ombak pantai glagah. Seperti yang saya tulis dalam post Memancing di pemecah Ombak Pantai Glagah masing masing jenis ikan memiliki titik potensial tersendiri. Salah satunya ikan Gatho, yang efektif dipancing di beberapa titik di kawasan pemecah ombak pantai Glagah. 


. Jadi ada beberapa titik tempat ikan gatho mencari makan, salah satunya adalah bagian sisi timur pemecah ombak pantai Glagah. Lokasi ini menjadi favorit para pemburu gatho, karena dari ini sini tak jarang kita bisa melihat gatho berukuran diatas 5 kg berenang menyusuri bebatuan.

pemecah ombak glagah
kang anwar mendapat gatho 6 kg
Sebelum memancing di sini sebaiknya anda membaca artikel saya Memancing di pemecah Ombak Pantai Glagah
 
Dalam memilih posisi memancing, usahakan berada di tengah tengah. Jadi tidak berada diujung maupun pangkal pemecah. Karena jika dipangkal sering kali gatho tidak mau makan dan jika diujung rawan terkena gebyuran ombak. Apalgi mancing gatho di pemecah ombak sangat efektif ketika ombak sedang besar.

Untuk alat sendiri, sesuai selera anda. Disini ada yang memakai joran popping, pasiran, sungai, bahkan yang memakai tegek pun ada. Tetapi jika baru mencoba pertama kali, anda bisa mengggunakan joran kaku dengan panjang diatas 3m. Untuk rell pun sesuaikan dengan selera anda. Kalau saya sendiri memilih alat yang ringan, karena disini kita akan memegangi joran selama memancing. Bisa anda bayangkan bagaimana rasanya jika harus emegang joran yang berat selama anda memancing?

Saya menyarankan senar PE minimal PE 2 untuk mainline dan leader monoline minimal 0.50. untuk pemberat anda bisa menggunakan ukuran 20-30 gram. Jika terlalu besar akan mudah tersangkut. Dan jika terlalu kecil akan terbawa arus. Alternatif lain anda bisa menggunkan batu seukuran jempol kaki yang dibungkus plastik. Untuk umpan saya sarankan undur undur klathak. Selain mudah dicari, undur undur klathak juga sangat efektif. Karena jika memakai udang atau undur undur genjuri, kemungkinan besar akan habis dimakan ikan kecil kecil.

Lempar umpan tepat ditepi bebatuan, karena kan ini mencari makan di bebatuan. Dan waktu yang efektif adalah ketika air angkat pasang dan air angkat surut. Pada saat air angkat pasang dan akan angkat surut ikan gatho aktif mencari makan di tepi bebatuan pemecah ombak pantai Glagah.

Dan ingat jangan atur drag terlalu kencang. karena dikhawatirkan ikan ini menarik anda ketika anda tidak siap. Mengingat ikan gatho di pemecah Ombak pantai Glagah berukuran besar dan ikan gatho memang sudah terkenal memiliki tenaga yang cukup kuat. Selain itu kemungkinan senar putus juga sangat besar jika drag di atur terlalu kuat.

Sekian dari saya, baca artikel lainya dan jangan lupa follow blog ini ya :D.
berikut foto foto nya
mancing mania
mas Budi 
mancing ikan GT
Roy sedang berburu Gatho











1 Response to "Tips Memancing Gatho di Pemecah Ombak Glagah dan Karangwuni"

Contact Us

Name

Email *

Message *