Tips Memancing Mangrove Jack / Mangar


 
tips mancing mangar
ikan mangar / mangrove jack

     Mangrove jack atau lebih dikenal masyarakat jogja dengan nama Mangar dengan nama gaulny “Mas Jo” merupakan ikan predator yang hidup di air payau. Ikan mangrove jack juga dikenal dengan nama kakap bakau, ya ikan mangrove jack masih bersaudara dengan ikan kakap.

  Ikan mangrove jack bersembunyi dan mencari mangsa di dalam karang atau bebatuan. Ikan mangrove jack juga berhabitat di kawasan hutan bakau maka juga di kenal dengan nama kakap bakau. Walaupun termasuk ikan predator ikan ini merupakan ikan yang malas, tidak suka mengejar mangsa yang lari jauh dari bebatuan atau sarangnya. Ikan mangrove jack lebih banyak mengahbiskan waktunya di didalam sarang ketika siang hari.

Ikan mangar sering kali terlihat keluar masuk karang atau hanya berdiam diri menunggu mangsa. Ikan mangar berukuran kecil bergerombol dalam mencari mangsa, sedangkan ikan mangar berukuran besar cenderung mencari makan secara individu.



Tips memancing Mangrove jack

Alat

Untuk joran atau rod saya lebih suka menggunakan type heavy atau kaku, mengingat perlawanan dari ikan mangrove jack mampu membuat kita berkeringat. Untuk panjang menyesuaikan spot mancing. Biasanya joran yang digunakan memiliki panjang 180-210 cm.

Usahakan gunakan sekecil mungkin pemberat atau cukup gunakan timah lipat ketika memancing mangrove jack. Yang penting umpan dapat tenggelam dan tidak terbawa arus sungai. Gunakan timah besar ketika atus deras atau benar benar diperlukan. Timah berat juga digunakan saat mengincar sarang mangrovve Jack di tengah sungai.

Gunakan senar monoline dengan ukuran lebih dari 0.35 dan jika menggunakan PE atau braided line untuk memancing ikan mangar minimal gunakan PE 1.5. di rekomendasikan menggunakan senar mono berukuran 0.50mm atau PE 2.

Bawa kail dan senar lebih, karena ikan mangrove jack setelah memakan umpan akan langsung menuju tempat persembunyian yaitu di bebatuan atau pepohonan bakau, jadi resiko putus sangat besar.

Untuk kail sebisa mungkin gunakan kail dengan ukuran lebih dari ukuran 8 menyesuaikan besar umpan. Menurut pengalaman saya, ikan mangrove jack tetap mau makan meski kail lebih besar dari umpan. Jika ukuran kail terlalu kecil sering kali ikan mocel atau lepas.

Umpan

     Gunakan umpan hidup : udang, wader/ tawes /melem/lukas(recommended), betik, nila, sepat(recommended). Sebetulnya ikan ikan mangrove jack akan memakan semua jenis ikan maupun hewan air, dari beberapa orang yg saya temui pernah ada yg menggunakan undur undur, anak katak bahkan cacing pun diembat oleh ikan mangrove jack. Beberapa pemancing juga menggunakan rempelo ayam sebagai umpan. Tetapi saya lebih menyukai menggunakan umpan ikan wader atau ikan sepat.



  Lokasi dan Waktu memancing

 Cari spot yang berkarang atau bebatuan, ikan ini juga senang berada ditumpukan kayu. Lempar umpan dipinggiran saja atau di dekat bebatuan, akar bakau atau sampah kayu.

Biasanya ikan ini Galak ketika matahari terbenam dan matahari terbit. Tak jarang ketika senja atau di pagi buta ikan ini mengejar makan sampai ke permukaan air.

Kondisi air yg bagus ketika air terlihat kemerahan, biasanya pada musim kemarau. Di mana makanan di alam liar saat itu sulit alias kakap bakau akan kelaparan. Ketika musim penghujan, pada saat air ngleri yaitu air agak keruh kebiruan seperti air cucian beras ikan mangar juga sangat galak.

Ikan laut dan ikan muara biasanya akan susah makan ketika airnya dingin termasuk ikan mangrove jack.  Tetapi sebaliknya ketika airnya hangat ikan ini sangat agresive. Jadi silahkan cek suhu air sebelum memancing ikan mangar.

Jika memancing di malah hari, usahakan jangan memberi penerangan ke sungai, karena ikan ini sangat peka sekali dengan cahaya. Dan gunakan senter atau sumber cahaya lainya seminim mungkin.




2 Responses to "Tips Memancing Mangrove Jack / Mangar"

Contact Us

Name

Email *

Message *