Tips Memancing Malam Hari

Mancing malam hari memang menantang dan sangat mengasyikan. Di mana dalam keadaan gelap gulita kita harus merangkai pancing, memasang umpan dan mengatasi perlawanan ikan. Memancing malam hari bisa menjadi alternatif memancing bagi anda yang takut hitam karena sengatan sinar matahari.


Tips Mancing Malam hari

ya, seperti yang saya sebutkan tadi, salah satu alasan seseorang melakukan aktifitas mancing di malam hari karena takut kulitnya hitam atau tidak betah terkena sengatan sinar matahari. Selain itu kesibukan bekerja di siang hari sehingga tidak ada waktu luang untuk memancing kecuali di malam hari. Tetapi hal yang menjadi alasan utama pemancing mancing di malam hari adalah beberapa jenis ikan target efektif di pancing di malam hari sepert ikan sidat, luthok, surung, ikan pari, ikan baung atau sogo sebagainya.

tentunya mancing di malam hari berbeda dengan mancing di siang hari. dalam keadaan gelap kita harus merangkai, mamsang umpan , menentukan spot dan mengatasi perlawanan ikan. selain itu binatang binatang buas dan berbisa banyak yang keluar di malam hari. Berikut ini merupakan beberpa tips mancing di malam hari:

1. Alangkah baiknya sebelum memancing, kita tahu betul spotnya, paling tidak siang hari sebelum memancing, kita survei lokasi memancing terlebih dahulu. Sehingga kita dapat mengetahui posisi paling nyaman dan aman ketika memancing.


2. Jika memancing di laut pinggiran atau pasiran kita hafalkan letak lebeng maupun plataran, kita bisa survey lokasi pada siang hari. Karena seringkali posisi dari lebeng sering berubah, hal ini juga dipengaruhi kondisi ombak. Apalagi ketika ombak sedang besar, posisi di mana lebeng (bagian yang dalam) dapat berubah dengan cepat.

3. Jangan lupa bawa pisau, gunting, korek, lampu senter dan jas hujan serta perlengkapan memancing lainya tidak boleh ketinggalan. Perlengkapan wajib dan pelengkap harus di pastikan kelengkapanya sebelum berangkat. Beberapa toko pancing tidak buka di malam hari. Jangan lupa membawa bekal makanan.

4. Hindari memancing sendirian, terutama jika baru pertama kali memancing malam hari maupun baru pertama kal menginjakan kaki di spot tersebut. Bwalah teman minimal satu orang. Bagi anda yang takut keluar malam atau hantu, memancing sebaiknya memancing bersama rombongan atau di tempat yang ramai.

5. Gunakan penerangan (senter/korek) seperlunya dan seminim mungkin, selain dapat menakuti ikan tertentu, hal ini juga berpotensi memancing kedatangan ular. Termasuk rokok, jangan letak kan sembarangan dan sebaiknya jangan merokok. Bara dari rokok akan memancing perhatian dari ular berbisa.

6. Jangan lupa gunakan sepatu boot, sarung tangan dan jaket. mungkin hal ini terlihat sepele, tetapi sangat besar manfaatnya. Sepatu boot adalah hal yang wajib terutama bagi anda yang memancing di kali. selain melindungi kaki dari batu, kayu atau benda lain , sepatu boot juga melindungi anda dari hewan yang tanpa sengaja mungkin anda injak, seperti ular atau kalajengking.


7. Hal yang paling penting adalah jangan lupa berdoa dan bersikap sopan dimanapun spotnya. Doa hal yang wajib anda lakukan sebelum memancing. Bersikaplah sopan, jangan sampai aktifitas memancing anda mengganggu istirahat penduduk yang sedang beristirahat.

8. Bawa obat obatan terutama minyak angin dan obat luka. Masuk angin adalah resiko yang paling diterima terutama bagi pemancing yang jarangatau belum pernah memancing di malam hari. maka dari itu minyak angin wajib anda bawa. Minyak angin juga dapat anda gunakan sebagai pertolongan pertama jika terkena gigitan serangga.

1 Response to "Tips Memancing Malam Hari"

Contact Us

Name

Email *

Message *